Mau Coba Kerja di Kantor Terbuka?

Ibarat rumah kedua, kantor harus menawarkan suasana nyaman dalam bekerja. Jika atmosfer dan kondisinya kurang sip, jangan salahkan karyawan jika produktivitas perusahaan menurun. Pesatnya perkembangan teknologi memungkinkan perubahan pola kerja karyawan.

Tren baru di dunia kerja pun muncul, seperti yang terjadi di Amerika Serikat. Bekerja di luar kantor tengah hits bagi para karyawan di Negeri Paman Sam. Definisi kantor tak lagi digambarkan berupa ruangan yang serba tertutup. Bekerja juga bisa dilakukan di luar ruangan.

Di Silver Springs, Maryland, ada sebuah kantor terbuka yang dikembangkan The Peterson Cos dengan nama Outbox. Para karyawan bisa duduk bekerja sambil menikmati pemandangan sekitar. Untuk menunjang pekerjaan, disediakan meja, kursi, listrik, dan internet.

kantor Kantor tak lagi harus tertutup. (Foto: Ilustrasi)

Proyek tersebut dirancang mahasiswa jurusan teknologi dari Montgomery College. Desain kantor ini nantinya akan terbuka untuk publik dan dapat dilihat oleh masyarakat luas. Keberadaan kantor jenis ini nantinya diperkirakan akan booming layaknya pop-up shop.

Bekerja di luar ruangan memicu kreativitas karyawan. Dengan metode ini, seseorang tidak merasa “terkunci” bekerja di dalam ruangan. Bekerja di luar ruangan juga lebih baik untuk otak, karena banyak oksigen di luar sana.

"Ide bekerja di luar kantor dapat diterapkan di Indonesia. Cuaca cukup hangat di sini dan orang Indonesia sangat senang berada di luar. Kami berharap ini akan menjadi tren di sini, juga di masa depan." ujar Mart Polman, Managing Director Lamudi Indonesia, sebuah situs pencarian properti global dalam rilisnya.

Desain kantor lainnya yang diperkirakan akan menjadi tren adalah OfficePOD, yakni sebuah kantor kecil portabel yang bisa diletakkan di mana saja, termasuk di luar ruangan. Salah satu kelebihan pod ini adalah cepat dan mudah dibangun tanpa mengganggu struktur bangunan yang sudah ada.

Kecenderungan kantor modern saat ini adalah memasukkan unsur-unsur alam ke dalam kantor seperti penggunaan panel kayu daur ulang, lantai beton dan karya seni. Pengaplikasian unsur-unsur ini memang sengaja dilakukan untuk menciptakan nuansa alami pada ruangan kantor.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)