Mau Tahu Rahasia Kekuatan Grup Lippo?

Grup Lippo adalah salah satu konglomerasi terkuat di Indonesia. Sejak didirikan Mochtar Riady tahun 1981 silam, gurita bisnis mereka telah tersebar hingga ke mancanegara. Emirsyah Satar yang baru digandeng menjadi Executive Director Group Lippo, punya penilaian tersendiri. Kekuatan grup yang kini dikelola oleh generasi ketiga adalah fokus di bisnis layanan.

“Bisnis Lippo hampir semuanya jasa. Hidup kita tak terlepas dari bisnis layanan dari lahir, pendidikan, kesehatan, keperluan sehari-hari. Mau grocery, ada Hypermart. Sekarang ada Mataharimall.com. Mau hiburan ada Cinemaxx dan First Media. Sakit berobat ke Siloam,” katanya.

Grup Lippo kini tengah membesarkan Mataharimall.com. Dari sinilah mereka mendorong digitalisasi layanan seperti yang kerap diungkapkan John Riady. Langkah digitalisasi akan memacu lebih cepat pertumbuhan bisnis jasa yang menjadi keunggulan grup.

“Semua bisnis mereka making money. Matahari, Hypermart, dan properti mereka besar. Grup ini, eksekusinya jalan. Selalu jadi yang signifikan di pasar. Saat bisnis digital berkembang, mereka juga kesana. Meski sudah ada Mataharimall.com, toko konvensional Matahari tetap ekspansi,” katanya.

Emirsyah Satar Chairman MatahariMall.com Emirsyah Satar Chairman MatahariMall.com

Selaku Chairman Mataharimall.com, Emirsyah yakin Mataharimall.com di bawah Grup Lippo bisa sebesar Alibaba di China dan dan Amazon di Amerika Serikat. Promosi besar-besaran lewat slogan Semua Ada, Semua Belanja, dan tawaran barang baru dengan harga kompetitif, plus sinergi online-to-offline (O2O) diyakini bakal jadi nilai tambah tersendiri.

“Mataharimall.com beda dengan e-commerce lain. Order bisa online, tapi ambil barang bisa di mana saja. Seperti jaringan toko Matahari, Hypermart, Kios Mataharimall.com yang ada di tempat-tempat umum seperti Kantor Pos dan Stasiun Kereta (e-locker),” katanya.

Saat ini, pembelian online di Indonesia baru 3,4% dari total ritel. Tak jauh berbeda dengan Vietnam yang baru mencapai 2,8%. Bandingkan dengan negara maju seperti China dan Amerika Serikat yang masing-masing sudah mencapai 14%, serta United Kingdom paling tinggi 25%.

Saat ini, Mataharimall.com sudah memiliki 50 titik O2O dan 27 e-locker. MatahariMall.com merupakan e-commerce pertama di Asia Tenggara yang mengadopsi sistem belanja O2O, yang memungkinkan para pelanggannya untuk membayar, mengambil, atau mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia. Layanan O2O diadopsi dari Walmart, yang ketika diluncurkan 50% penjualannya berasal dari O2O. (Reportase: Herning Banirestu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)