Menjadi Pemimpin Masa Depan Lewat Jalan Pemimpin

Jalan Pemimpin adalah sebuah program mentoring selama satu tahun bagi 19 generasi muda dari berbagai wilayah di Indonesia, yang sedang mengembangkan sebuah komunitas di masyarakat. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk menjembatani para pemimpin masa kini dalam melahirkan pemimpin masa depan lewat program mentoring.

Suatu pengalaman berharga bagi peserta untuk menerima feedback langsung dan bimbingan profesional dari para pakar dan praktisi berpangalaman di masing-masing bidang yang relevan dengan komunitas yang dijalankan para peserta.

Jalan Pemimpin (tengah) Handry Satriago , CEO GE Indonesia (ANT)

Acara ini di inisiasi oleh tiga tokoh yang menjadi key person di bidang dan perusahaan mereka masing-masing. Mereka adalah Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia. Mardi Wu, CEO Nutrifood dan Arif Zulkifli, Chief Editor Majalah Tempo. Menurut Handry, posisi di perusahaan yang mereka tempati saat ini, juga berkat dukungan dari para mentor mereka.

“Because leader’s job is to creat other leader,” terang handry di hadapan para wartawan saat konferensi pers di Plataran Dharmawangsa Jakarta Selatan (10/11).

Acara yang menyerap pendaftar lebih dari tiga ratus peserta ini, bermula dari obrolan para inisiator di warung kopi. Selain sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mengembangkan sumber daya manusia Indonesia, acara yang berlangsung pada momen peringatan hari Pahlawan tersebut juga bagian dari upaya para inisiator dan mentor untuk turut serta berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Yosea Kurnianto, Ketua Tim Pelaksana dari acara Jalan Pemimpin menjelaskan bahwa proses pendaftaran dan penyaringan perserta dimulai pada bulan Maret hingga April 2014. Setelah menerima ratusan pendaftar yang berusia di bawah 30 tahun, tim pelaksana mendiskusikan dengan para inisiator, lalu dipilih 50 pendaftar. Kemudian disaring kembali menjadi 19 peserta yang siap mengikuti mentoring dengan para pakar selama kurun waktu satu tahun.

“Ke depannya, kami ingin program ini menjadi suatu portal online yang dapat diakses seluruh masyarakat Indonesia yang di dalamnya terdapat para mentor dari berbagai bidang. Sehingga generasi muda yang punya ide apapun dapat memilih dan berdiskusi langsung dengan mentor mereka di portal tersebut. Jadi, kami ingin menjadi jembatan antara mentee dengan mentor,” jelas Hendry lagi.

Dalam proses mentoring, para mentee terpilih akan mendapatkan langsung tempat sharing ilmu dari mentor lewat berbagai media komunikasi. Tiap kuartal, mentee dan mentor akan bertemu di tempat yang mereka tentukan. Lalu setelah satu tahun, akan dibuatkan buku perjalanan para mentee selama menempuh mentoring, lalu dievaluasi tentang apa saja pengalaman dan ilmu yang di dapat oleh mentee dari mentornya.

Selain para inisiator yang menjadi mentor dalam program Jalan Pemimpin, beberapa pakar industri dan praktisi juga memberikan mentoring dalam program tersebut. Di antaranya, CEO perusahaan nasional dan multinasional, Dewan Komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN), para ahli sumber daya manusia (SDM), musisi, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, dekan universitas di Indonesia dan penulis. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)