Marketing Strategy

Merekatkan Kebahagiaan Keluarga di AEON Mall BSD City

Merekatkan Kebahagiaan Keluarga di AEON Mall BSD City

AEON Mall BSD City memelopori konsep mall bergaya Jepang pertama di Indonesia. Seperti apa fitur dan fasilitas yang ditawarkan untuk kebahagiaan keluarga di Indonesia?

Kehadiran AEON Mall BSD City memberi warna baru di industri pusat perbelanjaan. Lihat saja, dari sekitar 170 mall di Jakarta rata-rata konsepnya sama yang mengedepankan life style, kuliner dan hiburan modern. Begitu halnya mall yang ada di Bekasi, Depok, Tangerang atau daerah-daerah lain. Namun, sejak dibukanya AEON Mall di BSD City, Serpong, masyarakat baru terbuka matanya bahwa ini lho ada mall baru yag unik dan berbeda dengan ambience bergaya Jepang.

Gedung AEON Mall yang megah dan ramah lingkungan

Gedung AEON Mall yang megah dan ramah lingkungan

Begitu Anda melangkahkan kaki memasuki gerbang AEON Mall BSD City, pasti Anda sudah merasakan kesan yang berbeda dari mall lain. Dari gerbang masuk terlihat taman dan pepohonan yang menghijau dan area parkir mobil yang lapang, sehingga ramah lingkungan. Lalu, masuk ke dalam gedung mall juga merasakan desain mall yang lapang dan banyak tenant Jepang yang menonjol. Arsitektur mall 5 lantai ini dibuat lantai atas berbentuk skeleton (tembus pandang), sehingga tidak ada barang yang jatuh. Dan atap bagian tengahnya juga menggunakan kaca, alhasil mengurangi penggunaan lampu dan hemat energi. Singkatnya, mall ini mengutamakan kenyamanan, keamanan, kelengkapan fasilitas, kebersihan dan kepuasan pengunjung, terutama anggota keluarga yang menjadi target pasar.

Atap AEON Mall dibuat dengan standar Jepang dan tembus padang (skeleton), sehingga tidak ada barang yang jatuh dan hemat pemakaian lampu

Atap AEON Mall dibuat dengan standar Jepang dan tembus padang (skeleton), sehingga tidak ada barang yang jatuh dan hemat pemakaian lampu

Kemegahan bangunan AEON Mall BSD City tak luput dari perencanaan matang sang developer. Awal pembangunan ditandai dengan acara ground breaking pada 24 Agustus 2013 dan dihadiri oleh kedua pihak, baik Sinar Mas Land maupun AEON Mall. Pembangunan mall dilaksanakan sesuai rencana, yaitu dimulai pada kuartal III tahun 2013, tepatnya bulan Agustus dan beroperasi sejak 30 Mei 2015.

Saat peletakan batu pertama pembangunan AEON Mall BSD City, Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land, mengungkapkan, ”Kehadiran AEON Mall BSD City merupakan bukti komitmen Sinar Mas Land dan AEON Mall dalam menyediakan pusat perbelanjaan dengan fasilitas terbaik bagi masyarakat. Tidak hanya bagi warga penghuni BSD City tetapi juga warga di Jabodetabek.”

Kini, AEON Mall BSD City yang berdiri megah di atas lahan seluas 100 ribu meterpersegi dan bangunan 177 ribu meterpersegi akan merayakan hari jadinya yang ke-1 tahun pada 30 Mei 2016. Hebatnya, sampai sekarang tingkat okupansi tenant sudah mencapai 100%.

Bagaimana respons masyarakat terhadap AEON Mall BSD City sebagai tempat belanja dan hiburan khas Jepang yang baru-baru ini mendapatkan penghargaan “The Best Mall in Tangerang” ini?

Nico Abiawan, Advertising and Promotion Staff Marketing and Strategic PT AMSL Indonesia, menjelaskan, animo masyarakat sangat tinggi. “Masyarakat banyak yang penasaran dengan Japanese mall itu seperti apa. Dan jawaban itu akan ditemukan jika berkunjung ke AEON Mall BSD City,” ujar Nico. Dijelaskannya, rata-rata jumlah pengunjung pada hari kerja (weekday) 20-30 ribu per hari, sedangkan akhir pekan (weekend) mencapai 85 ribu orang.

Malahan, saat pembukaan AEON Mall BSD City, Gubernur Banten, Rano Karno yang menyempatkan berkunjung terkesan dengan antusiasme masyarakat. “Bayangkan saja masuk ke dalam mal baru bergaya Jepang di BSD City itu saja harus berdesak-desakan. Luar biasa perkembangan Serpong ini,” ujarnya saat memberikan sambutan pada suatu kesempatan acara di Tangerang, beberapa waktu lalu. Itulah sebabnya gubernur optimistis dengan Serpong sebagai magnet ekonomi baru di provinsi Banten.

Ya, sesuai tagline “AEON Mall BSD City, From the Heart of Japan”, mall ini memiliki beberapa spot yang menjadi ciri khasnya Negeri Sakura. Pertama, Sakura Lite Tunnel dan kedua, Sakura Illumination Park. Dua-duanya adalah taman dengan lampu-lampu yang menyala di bagian atas, yang tidak akan Anda jumpai di pusat perbelanjaan lain.

AEON Supermarket yang menyajikan berbagai kebutuhan rumah

AEON Supermarket yang menyajikan berbagai kebutuhan rumah

“Karakteristik AEON Mall BSD City adalah fasilitas food court dan resto terbanyak di daerah BSD dengan 140 outlet. Ada Food Culture terdiri dari 21 resto khas Jepang hingga Barat beratmosfer Jepang modern. Lalu, ada Café Street yang memiliki teras terbuka, Food Carnival dengan ribuan tempat duduk serta Ramen Village,” jelas Adrian Pranata, General Manager PT AMSL Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

Total toko yang ada di AEON Mall BSD City sekitar 300 toko, termasuk 22 toko yang pertama kali ada di Indonesia dan 38 toko asal Jepang. Mall dengan konsep “for your smart living” ini menyediakan aneka kebutuhan makanan, pakaian dan hiburan dalam satu tempat yang menarik. Gerai AEON Supermarket, AEON Store dan AEON Dept Store hanya ada di jaringan mal AEON Mall, termasuk AEON Mall BSD City.

Pengunjung merasakan surganya makanan Jepang dengan harga terjangkau di AEON Mall BS City

Pengunjung merasakan surganya makanan Jepang dengan harga terjangkau di AEON Mall BS City

Ciri khas lain apa? Tentu saja kuliner Jepang paling komplit. Boleh dibilang di AEON Mall BSD City ini adalah surganya para penikmat makanan ala Jepang. Di lantai dasar yang berdekatan dengan AEON Supermarket saja (Waroeng Bongkoes) tersaji aneka sushi dari harga Rp3.000 hingga puluhan ribu dalam satu kemasan. Pilihan rasanya sangat beragam dan tampilannya cantik. Tak heran harus mengantre bila ingin menikmati makanan yang lezat itu. “Setiap minggu saya pasti beli sushi dan takoyaki di AEON Supermarket ini. Rasanya paling enak, macam-macam pilihannya dan yang terpenting harga terjangkau,” kata Nita Amalia yang kebetulan rumahnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Selain Waroeng Boengkoes, di AEON Mall masih ada tempat kuliner masakan Jepang lain untuk memanjakan lidah. Sebut saja Food Culture dan Ramen Village. Ada resto Sukiya, Gyukaku, Chikugo Udon, Ishiyaki Gohan, Uchino Shokudo, Sagami Food, Fuji Restaurant, Kin No Torikara, dan lainnya.

Dengan nuansa modern dan khas Jepang juga tersedia foodcourt berkonsep open kitchen (Food Culture) yang menyediakan tempat duduk yang sangat banyak sekitar 1.200 tempat duduk/seat yang akan menyediakan takoyaki, tempura, okonomiyaki, dll berbagai macam masakan Jepang ada sekitar 21 jenis makanan yang tersedia.

Di bagian luar Food Culture dipasang screen ukuran 6 meter sebagai space atau tempat untuk penyelenggaraan event di tempat ini yang bisa dipakai untuk tempat berkomunikasi dan berkumpul bagi orang-orang di wilayah sekitar.

“Kami menyiapkan toko ramen sebanyak 7 toko yang menyediakan berbagai pilihan rasa,” ujar Nico. Ada Ebi Soba Ichigen yang berasal dari Hokaido Sapporo yang menyediakan sup udang yang di Jepang tokonya selalu antri. Tersedia pula Tabushi Ramen yang berasal dari Koenji, Tokyo dan mempersembahkan ramen dengan sup ikan. Ada Hakata Men-oh、berasal dari sup spesial hakata. Tak ketinggalan Yokohama Lekei yang menyediakan ramen dengan rasa sup ayam。

Untuk restoran, ada restoran Sukiya dari Jepang yang pertama kali buka di daerah Banten, menyediakan menu makanan gyu (nasi dengan daging sapi). Tersedia juga roast chicken dengan bumbu yang special Kenny Rogers Roasters. Juga ada restoran Begor Pondok Suryo yang dapat menampung banyak orang dan bisa dijadikan tempat pesta. Resto Kushiyamonogatari Buffee Sate dan Uchinoshokudo berkonsep makan di rumah, yang pertama kali berada di Indonesia. Lalu, Kaihomaru restaurant seafood yang bahannya fresh dikirim langsung dari Jepang dan Gyu-Kaku Yakiniku plus Popolamama, restoran asal Italia.

Pengunjung dapat juga menikmati untuk food court dan casual dining. Ada Food Carnival yang menyediakan makanan bercita rasa lokal Indonesia yang memiliki 33 toko dengan kapasitas sekitar 1.100 tempat duduk/seat. Ini adalah food court terbesar di daerah Banten dengan ketinggian atap 10 meter, sehingga terasa luas. Menyediakan menu masakan Indonesia dengan harga yang terjangkau. Di bagian tengah terdapat space untuk dipergunakan sebagai tempat penyelenggaraan event konser pertunjukan dll.

Selain itu, di lantai dasar AEON Mall BSD City terdapat 2 konsep zone, yaitu Café Street dan Food Culture. Active Sport Zone lokasinya di lantai sekitar AEON Supermarket. Untuk Café Street ini terdapat kafe dari Indonesia, yakni Liberica Coffee yang berasal dari Bandung, Starbucks Coffee, Caffe Bene dari Korea serta Del Immo, sweet café (kafe dengan cake) yang terkenal di Jepang dan pertama kali buka di Indonesia.

“Kami mengumpulkan beberapa toko yang terkait dengan life style yang aktif mempromosikan kesehatan di dalam area aktif sport zone seperti Nike, Billabong, Planet Sport. Ada pula toko perlengkapan motor seperti Motoritz dan Motobaiku asal Jepang. Juga dibuka toko khusus sepeda seperti Build a Bike yang menyediakan area untuk mencoba dengan luas sekitar 300 meterpersegi dan area perawatan/maintenance corner,” jelas Nico lagi.

Tidak hanya kuliner dan kegiatan hobby saja yang menjadi perhatian manajemen AEON Mall BSD City. Sebab, berbagai tenant dari beberapa sektor usaha juga difasilitasi di sana. Pengunjung pun dapat melakukan berbagai aktivitas di mall bersama anggota keluarga. Misalnya nonton bioskop bersama, membeli hiburan CD favorit, berbelanja, olahraga fitness, beli buku, mengantar anak bermain, belajar atau kegiatan menyenangkan lainnya. Pendeknya, sesuai dengan tagline “AEON Mall BSD City, From the Heart of Japan” ingin membawa kebahagiaan untuk keluarga di Indonesia. Ayah, ibu, anak bisa tersenyum bersama menikmati hari libur yang berharga. Berbelanja, makan, hiburan bisa dilakukan bersama-sama anggota keluarga tercinta.

Fasilitas lengkap dan keamanan terjaga

Selain berbagai fasilitas kuliner yang disebutkan di atas di lantai dasar atau Ground Floor, AEON Mall BSD City juga memiliki beberapa fasilitas lainnya. Di lantai satu ada fasilitas trend fashion zone dengan brand dari luar negeri. Ada outlet brand Uniqlo asal Jepang seluas 2.500 meter persegi. Juga ada toko H&M yang berasal dari Swedia dan pertama kali buka di Banten.

Uniqlo, Brand fashion Jepang yang kini banyak digandrungi anak muda Indonesia

Uniqlo, brand fashion Jepang yang kini banyak digandrungi anak muda Indonesia

Produk sepatu dan tas Charles & Keith dari Singapura dan Clarks yang berasal dari Inggris yang terkenal dengan desainnya yang elegant. Juga ada toko Hush Puppies yang berasal dari Amerika Serikat.

Untuk aksesoris ada toko Folli Folli yang terkenal dengan produk perhiasan, jam tangan dan tas yang buka pertama kali di wilayah Banten. Juga, toko accesories lifestyle dari Amerika Guess Accessories. Ini semakin lengkap dengan kehadiran`outlet Batik Keris.

Di lantai dua, menyediakan dunia anak-anak terbesar di dunia, termasuk casual fashion dengan fokus toko AEON Store. Di kid’s world terdapat toko mainan anak-anak Miniapolis, Multi Toys N Game, Toys City yang bisa menyenangkan anak-anak. Kids fashion tersedia toko Snoopy Baby yang mempersembahkan produk fashion Snoopy untuk bayi dan anak-anak dan toko bayi yang terkenal di Jakarta, yaitu Clodi Addict。

“Untuk orangtua yang peduli dengan pendidikan anak tersedia outlet Kumon dan tempat kursus musik Nuansa Musik yang memiliki 4 kelas,” tambah Nico.

Masih di lantai dua, untuk produk casual fashion terdapat outlet Anap, brand Jepang yang menyediakan produk fashion populer. Juga, toko Minimal, brand butik pakaian wanita dari Indonesia. Untuk aksesoris yang fancy ada toko Scoop, untuk perlengkapan alat tulis yang lucu ada toko Stroberi yang terkenal di kalangan anak-anak wanita dan remaja putri

Bagaimana dengan perlengkapan rumah tangga? Jangan khawatir. Di sana juga tersedia toko Yawaragi yang didirikan sejak tahun 1930 dengan produk seperti handuk dll. Handuknya mudah menyerap air dan memiliki aroma dan biasa digunakan di pemandaian air panas di Jepang. Juga, toko satu harga Daiso Japan yang penuh dengan variasi produk. Tambahan lagi, toko furnishings yang desainnya populer, namanya JYSK. Bagi pecinta buku, tersedia toko buku Gramedia.

Sementara itu, lantai tiga dialokasikan untuk entertainment dan casual dining food court. Ada bioskop dan tempat hiburan. Atraksi utama di lantai tiga adalah Cinema XXI, yang merupakan industri bioskop terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 140 cabang di seluruh Indonesia, yang menyediakan 10 layar dan 1.520 tempat duduk. Tersedia juga game center Amazone dan Apple Kids Club yang merupakan kids amusement dari Korea yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Untuk para pria, tersedia peralatan elektronik dan home living asal Jepang bernama Best Denki. Toko ini menyediakan berbagai peralatan elektronik dan home living dengan luas 1.900 meter persegi. Juga, toko Ace Hardware yang didirikan sejak tahun 1924 di Amerika dan sudah tersebar 4.700 toko di seluruh dunia dengan luas 2.000 meter persegi di AEON Mall BSD City.

Bagi pecinta travelling, ada lho Travel Lounge. Ada perusahaan agent travel JTB、H.I.S, dari Jepang. Juga tersedia toko Studio Tas yang menyediakan berbagai perlengkapan travel. Di lounge ini pun diperkenalkan berbagai tempat tujuan wisata di Jepang dan obyek wisata menarik di Indonesia.

Untuk lantai empat diisi beberapa tenant untuk fitness dan gym, toko beberapa produk serta arena bermain. Salah satunya outlet yang baru dibuka adalah My Gym, yaitu fitness center asal Amerika Serikat, khusus untuk anak-anak umur 3 bulan hingga 12 tahun yang resmi buka cabang pertama di Indonesia pada Mei 2016.

“Kami buka My Gym di AEON Mall BSD City dengan pertimbangan lokasinya cocok dengan target pasar My Gym, yaitu kalangan keluarga segmen middle up yang masih memiliki bayi dan anak-anak. Mall ini juga memiliki konsep yang bagus dan areanya luas, cocok buat bisnis My Gym,” kata Jery Kwan, Direktur My Gym saat ditanya alasannya pilih AEON Mall BSD City untuk pembukaan outlet perdana My Gym di Indonesia. Dengan kata lain, fitness center khusus bayi dan anak-anak ini belum ada lho di Jakarta.

Soal keamanan mall juga diperhatikan. Tindakan untuk safety (keamanan) dan pencegahan bencana untuk contoh real pelaksanaan adalah misalnya demi mencegah anak-anak yang jatuh, AEON Mall BSD City memiliki ketinggian pagar railing 1,4 meter. Untuk mencegah perokok pasif disediakan ruangan merokok diluar bangunan sebanyak 6 tempat dan di area parkir sebanyak 8 tempat.

Nico Abiawan, Advertising & Promotion Staff Marketing & Strategy PT AMSL Indonesia

Nico Abiawan, Advertising & Promotion Staff Marketing & Strategy PT AMSL Indonesia

Untuk mengantisipasi listrik mati dan bencana lain disediakan back up/cadangan listrik emergency sebanyak kapasitas 16 ribu KW selama 24 jam. Penguatan atap juga dilakukan seandainya terjadi gempa yang besar, bangunan ini dibangun dengan standar seperti Aeon Mall di Jepang。Sebagai tambahan, di lantai atas berbentuk skeleton (tembus pandang) sehingga tidak ada barang yang jatuh.

Untuk pencegahan bencana dan tindakan criminal, di area parkir, agar pelanggan berbelanja dengan tenang dipasang kamera CCTV di beberapa tempat di area parkir dan di dalam gedung. Ini bisa digunakan untuk mencegah tindakan kriminal dan ketika terjadi bencana.Kemudian, diadakan patroli keamanan oleh petugas keamanan mengelilingi bangunan mall baik di luar maupun di dalam. Dan ada sistem pengamanan otomatis untuk menguatkan pencegahan bencana dan kriminal. Juga ketika masuk parkir dilakukan security checking untuk barang bawaan.

Mall ini merealisasikan mall yang memperhatikan lingkungan dan manusia, seperti menggunakan lampu LED untuk penerangan dan signage yang bisa mengurangi CO2 dan hemat energi. Contohnya, memasang panel di bagian atas Café Street dengan kapasitas 24 KW yang berguna untuk pengurangan energi dan mengurangi beban lingkungan. Juga, pemakaian lampu LED sebagai penerangan. Ini bisa menghemat energi dan mengurangi emisi gas CO2. Juga, i memasang EMS(Energy Management System), sehingga bisa memantau pemakaian energi di dalam bangunan.

Yang menarik, mall ini menyediak toilet khusus anak-anak. Tersedia di 9 tempat baik di GF, 1F, 2F, 3F untuk anak-anak dengan bermacam ukuran toilet. Juga untuk cuci tangan anak-anak ketinggiannya disesuaikan. Bahkan, baby room untuk menyusui bayi tersedia di lantai 3. “Kami juga menyediakan lat pacu jantung AED Defibrillator di counter informasi dan pusat pencegahan bencana. Kami juga melakukan training bagi pegawai untuk penggunaannya dalam hal terjadi emergency,” ujar Nico seraya mengatakan ada pula Powder Room (ruang berhias) untuk wanita di toilet.

Program Event dan CSR

Pada bulan Mei 2016 beberapa event menyambut anniversary AEON Mall BSD City yang ke-1, digelar acara Festival Jepang. Ada tari-tarian khas Jepang yang dipadukan konsep ulangtahun, semisal tarian Geisha, Parade Kimono dan Tari Pedang. Lalu, ada cara Koi Himaru, yaitu hiasan layang-layang berbentuk ikan yang dihias outdoor di area parkir. Juga, acara Oishi Matsuri berupa bazaar makanan Jepang dan cara minum teh khas Jepang. Sementara itu, beberapa kegiatan lain yang pernah dilakukan selama satu tahun ini di antaranya: fashion show bulan Ramdhan 2015 dengan menampilkan sejumlah baju muslim yang dikombinasikan dengan budaya Jepang. Lalu, Gunpla Expo, yakni kontes merakit gunpla untuk para pecinta hobi tersebut. Tak lupa, pertunjukan kartu Jepang, yaitu Pockemon dan Hello Kitty dibalut dalam acara “Meet dan Greet dengan fans di Indonesia”.

“Di luar acara-acara hiburan AEON Mall BSD City selama setahun terakhir, kami juga melakukan kegiatan sosial CSR,” Nico menambahkan. Aktivitas CSR itu dimulai dengan penanaman 1.000 pohon saat akan dilakukan pembukaan resmi AEON Mall BSD City pada Mei 2015 lalu. Kemudian, aktivitas donor darah dan baru-baru ini pada awal Mei 2016 diadakan sosialisasi dan talkshow pengurangan penggunaan kantong plastik. Ini untuk menggalakkan kesadaran masyarakat dalam mengurangi penggunaan kantong plastik dalam berbelanja. Sebab, dampaknya bakal berbahaya bagi lingkungan sekitar kita.

Ke depan, manajemen AEON Mall BSD City optimistis menatap masa depan bisnis pusat perbelanjaan yang dikelolanya. “Tren jumlah penduduk terus meningkat, pastinya kebutuhan mall juga bertambah,” ucap Nico. Itulah sebabnya AEN Mall akan ekspansi buka di Sentul dan Jakarta Garden City.

Kepada awak media saat peletakan batu pertama AEON Mall BSD City, Soichi Okazaki, CEO AEON Mall, juga meyakini bahwa AEON Mall BSD City akan berkembang pesat serta memiliki prospek yang menjanjikan. Menurutnya, mall ini akan mampu menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbaik yang dapat memanjakan masyarakat di Indonesia, mengingat pihaknya bermitra dengan Sinar Mas Land yang telah memiliki pengalaman panjang selama 40 tahun lebih dalam pengembangan properti di Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved