Mobil Lubricants Dukung Industri Tenaga Listrik di Indonesia

Berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RPTUL), diproyeksikan rata-rata pertumbuhan kebutuhan listrik hingga tahun 2027 mencapai 6,86% dan total pembangunan pembangkit listrik sebesar 56.024 MW.

Terkait hal itu, Mobil Lubricants memberikan dukungan terhadap agenda pemerintah terutama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam memenuhi kebutuhan listrik 10 tahun kedepan yang tertuang dalam RPTUL PT PLN (Persero) 2018-2027.

Hingga tahun 2040 nanti, diprediksikan jumlah populasi global akan bertambah hingga 1,7 miliar orang dan pertumbuhan ekonomi akan bertambah dua kali lipatnya. Lalu berkaitan dengan faktor ini, maka akan diprediksikan adanya peningkatan kebutuhan energi sebesar 25% dan ada peningkatan juga pada emisi gas CO2 sebesar 45%. Tren menunjukan bahwa kebutuhan energi global pada tahun 2040 masih di pimpin oleh negara-negara non-OECD. Ada peningkatan juga pada renewable sector terutama dari tenaga surya dan angin sebesar 400%.

Gas masih memegang peranan pada beberapa bidang dan minyak pun masih memimpin dalam sisi pemenuhan mobilitas. Selain itu juga ada percepatan dalam hal dekarbonisasi pada sistem energi di dunia. Dalam hal seperti ini infrastruktur sangat dibutuhkan. “Kami mendukung pemerintah Indonesia dalam memajukan sektor tenaga listrik agar dapat memberikan akses listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia pada tahun 2027. Selain itu juga, kami berupaya untuk terus melakukan riset bersama para ilmuwan kami dalam pengembangan produk-produk pelumas yang mampu menjaga performa mesin agar tidak mempengaruhi kinerja perusahaan,” ujar Colin Cui, General Manager Industrial Lubricants dari Mobil Lubricants.

Seiring dengan meningkatnya permintaan industri modern yang menuntut peralatan melebihi batas kapasitas, tentunya performa pelumas yang tepat akan meningkatkan performa dan produktivitas mesin serta dapat menghemat biaya operasional. “Kami berikan solusi pelumasan yang mampu membantu menjaga performa mesin bahkan ditengah kondisi yang paling ekstrem seperti dari suhu yang tinggi beralih ke suhu yang lebih rendah, kontaminasi air, hingga beban kerja yang berat dengan kecepatan yang bervariasi,” ujar Deni Setiawan, Indonesia Power Sector Manager, Mobil Lubricants Indonesia.

Mobil Lubricants pun menekankan pada empat faktor utama dalam solusi pelumasan terbaik yakni pada produktivitas, keamanan, efisiensi energi, dan lingkungan yang terjaga. Setelah lebih dari 150 tahun beroperasi, MobilTM Lubricants telah menjadi inovator dalam teknologi pelumasan dan telah membantu perusahaan pembangkit listrik yang ada di dalam dan luar negeri. Seperti contoh di Indonesia, MobilTM Lubricants telah membantu sebuah perusahaan gas engine di Pekanbaru yang mengopersikan 18 unit MTU L62400016V gas engine dan jika di luar negeri telah dilakukan di salah satu perusahaan pembangkit tenaga listrik di Tiongkok.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)