Management Strategy

MPM Rent Sasar Pasar Rental Mobil Jangka Pendek

MPM Rent Sasar Pasar Rental Mobil Jangka Pendek

Perusahaan penyewaan mobil, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPM Rent) baru saja meluncurkan produk terbarunya bernama hop. Poroduk ini diklaim melengkapi produk-produk sebelumnya yang lebih banyak menyasar penyewan kendaraan jangka panjang untuk segmen korporasi.

Vice President Director MPM Rent, Tanza Warganegara, mengatakan, dengan layanan hop ini, setiap korporasi bisa menyewa mobil untuk periode, harian, mingguan bahkan jam. Strategi ini ia katakan sebagai bentuk usaha memperluas produk dan jasa otomotif kepada para pelanggan.

“Sebelumnya, kami hanya menyediakan jasa sewa mobil dalam jangka panjang, bisa satu tahun ke atas. Seiring berjalannya waktu, konsumen membutuhkan layanan yang lebih fleksibel dan berjangka waktu yang pendek. Kami pun melihat potensi yang besar di bisnis transportasi ini,” ujar Tanza.

Meski pasar korporasi ini masih menjadi fokus utama mereka, tetapi HOP tidak menutup diri untuk konsumen ritel atau nonkorporasi. Berbagai layanan yang mereka tawarkan, antara lain Airport Services, Shuttle Services, MICE Services, paket liburan, dan paket khusus saat momen-momen penting seperti lebaran.”Kami siap menyediakan berbagai macam mobil, mulai dari LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), MPV, hingga luxury car. Jumlah armada di MPM Rent ada sekitar 14.000 di 2015” ujarnya.

IMG_20160405_112001

Meskipun saat ini layanan transportasi online sedang booming dan juga menyasar segmen korporasi. MPM Rent melalui HOP, merasa tidak head to head dengan bisnis tersebut. Secara bisnis, ia mengatakan jenis layanan yang ditawarkan MPM Rent berbeda alias tidak hanya berupa layanan pick up dan drop off saja.

Hop diklaim lebih kompetitif lantaran menawarkan penyewaan dalam rentang waktu tertentu. “Mungkin sedikit berbeda dengan Uber dan Grab. Kalau menggunakan mereka, konsumen kan mobil mana yang akan datang, tapi kalau di kami bisa dipilih terlebih dahulu. Dari segi Driver, kami juga lebih unggul kami telah memiliki Driver Training Center untuk menjaga kualitas dari pengemudi kami,” lanjut Tanza.

Adapun persaingan HOP sebenernya lebih banyak dengan rental mobil perorangan atau skala kecil dan menengah. Rental mobil ‘rumahan’ ini lah yang ia sebut hampir mengusai pangsa pasar penyewaan kendaraan jangka pendek dari segi ritel. “Maka itu fokus utama kami, tetap ke segmen korporasi tanpa menutup mata dengan segmen ritel.” Dalam memberikan layanan kepada seluruh pelanggannya, Hop secara resmi membuka cabang pertamanya di lantai 1 Ratu Plaza Mall, Jakarta. Untuk dapat menikmati layanan Hop daily rent car, konsumen dapat menghubungi reservation center Hop di 1500-467. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved