NorthCliff-Simasindo Danai Ratu Prabu

NorthCliff Capital Pte Ltd Private Equity dari Singapura melalui patnernya PT Simasindo Intitama menjalin kerjasama dengan PT Ratu Prabu Energi Tbk untuk pembiayaan beberapa proyek propertinya di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Rencananya NorthCliff Capital akan menyiapkan dana sekitar US$ 200 juta untuk membiayai proyek properti dan gas. Saat ini NorthCliff masih fokus pada pembiayaan properti, minyak dan gas, mineral, serta infrastrktur.

Erry Sulistio CEO NorthCliff, tahun ini menargetkan akan berinvestasi pada perusahaan lokal dengan menyiapkan dana US$ 300 juta dengan membidik sektor minyak dan gas, properti, dan infrastruktur. Rencananya dalam 5 tahun ke depan, NorthCliff menargetkan dapat berinvestasi di 10 perusahaan dengan dana investasi yang disiapkan mencapai US$ 1 miliar.

Untuk jangka panjang perusahaan yang dirintis tahun 2009 ini akan melirik bisnis asset management, financial service, consumer goods, commodity trading, oil and gas services, serta oil and gas field.

Saat ini, proyek yang sedang ditangani adalah pembangunan Ratu Prabu 3 yang terdiri dari hotel, service apartemen dan apartemen mewah yang menawarkan produk strata-title. "Proyek ini akan dilanjutkan dengan pembangunan Ratu Prabu 4-6," tegas Erry.

northcliff

Pembangunan Ratu Prabu 3, rencananya untuk unit sewa (kelas atas dilayani apartemen), hotel mewah dan apatermen yang menawarkan strata title. Selain itu, NorthCliff juga akan mengintegrasikan dan mengembangkan hotel jaringan di kota-kota besar di Indonesia seperti Bali, Jakarta dan kota lainnya untuk mendukung pertumbuhan pembangunan pariwisata Indonesia.

Ratu Prabu Residence akan terdiri dari 108 kamar hotel dengan luas 120 meter persegi. Tarifnya sekitar US$179/hari. Selain itu, akan dibangun 47 unit apartemen sewa dengan luas 209,8-1.258,3 meter persegi. Apartemen ini rencananya akan disewakan dengan tarif US$29,2/meter persegi/bulan. Untuk apartemen strata title jumlah unit yang akan dibangun mencapai 61 unit dengan luas 353 m2 dengan harga jual Rp60 juta--Rp70 juta per m2.

Proyek Ratu Prabu Residence telah memulai peletakan batu pertama pada Agustus 2015. Konstruksi telah mencapai tahap basement dari total 41 lantai yang akan dibangun. Diperkirakan proyek ini membutuhkan investasi Rp 1,5 triliun.

"Kami optimis proyek Ratu Prabu Residence bisa diserap oleh pasar kendati tren penjualan properti di segmen mewah tengah melambat. Targetnya Maret 2018 diharapkan bisa selesai," ujar kata Rizanno Loekman, Associate Director NorthCliff.

Dalam lima tahun ke depan Erry menargetkan NorthCliff bisa menjadi private equity yang diperhitungkan bukan saja di Indonesia, tapi juga di mancanegara. Untuk menjadi private equity yang besar di Indonesia, pihaknya akan menerapkan strategi “blusukan” di dalam negeri untuk mencari perusahaan Indonesia yang secara terukur memiliki value dan potensi untuk berkembang. "Bahkan, NorthCliff tidak menutup kemungkinan untuk investasi terhadap perusahaan di luar Indonesia," kata Erry.

Sedangkan, Simasindo kini tengah mengembangkan dan mengintegrasikan jaringan hotel di seluruh kota-kota besar di Indonesia seperti Bali, Jakarta dan kota-kota lain untuk mendukung pertumbuhan pembangunan pariwisata Indonesia. Setiap lini bisnis dalam kelompok didorong untuk memperluas mempertimbangkan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)