Orchard Park Rangsang Pertumbuhan Ekonomi Batam

Lokasinya yang berdekatan dengan Singapura membuat Batam semakin banyak pengunjung, bukan hanya wisatawan lokal dan mancanegara. Tapi juga pengembang besar dari Jakarta, seperti Sinarmas Group, Ciputra Group dan Agung Podomoro Group.

Hingga April lalu, realisasi investasi asing di Batam sebesar US$ 387,501 dari 23 perusahaan, naik 120% dibanding semester pertama tahun sebelumnya. Hal ini mengindikasikan sebuah gelombang peningkatan perekonomian Batam. Perusahaan-perusahaan asing ini akan membutuhkan kantor-kantor berkelas di daerah yang strategis.

Hal ini, sebagai pertanda perekonomian di Batam sedang menggeliat. Boleh dibilang saat ini perekonomian Batam berada di awal pertumbuhannya. Peluang ini dihendus APG untuk menghadirkan sebuah perkantoran berstandar internasional pertama di Batam, yaitu SOHO, premium office space @ Orchard Park.

Kantor 3 lantai dengan desain fasade full-glass yang modern siap menjadi pusat kegiatan bisnis para pengusaha. Bank, kantor biro asuransi, kantor provider telekomunikasi, kursus, kantor biro hukum atau notaris, kantor advertising agency, apapun bisnisnya, apabila berada di SOHO, premium office space, akan mendapatkan prestise dan gengsi di Orchard Park, Batam.

Kantor Orchard Park Batam Kantor Orchard Park Batam

Orchard Park Batam berdiri diatas lahan seluas 42 hektar dengan konsep one stop living. 1200 hunian mewah, 127 shophouse, 22 premium office, club house seluas 3.605 m2, dan sebuah lifestyle and entertainment center ikonik yang akan menjadi pusat destinasi hangout warga Batam bernama Park Avenue, melengkapi seluruh kebutuhan hidup penghuninya.

Kawasan yang diperkirakan membutuhkan investasi Rp 1-1,5 trliun juga akan dilengkapi Orchard Club House yang bisa digunakan untuk tujuan belanja dan berbisnis, dimana 125 unit ruko reguler sold out. Selain ruko, kawasan ini juga akan dilengkapi SOHO (Small Office Home Office) sekitar 22 unit premium ruko dengan desain facade modern full glass. Harga jualnya sekitar Rp 3,5 miliar dan kini terjual 60%.

Orchard Park membidik segmen seluruh orang Indonesia, khususnya yang ingin menjadikan Orchard Park sebagai home base business, khususnya yang memiliki orientasi ekspor. Tapi permintaan yang muncul 40% berasal dari Jabodetabek, 40% orang Batam dan Kepri dan 20% beragam seperti Surabaya, Medan, Sulawesi dan lain-lain.

Menurut Agung Wirajaya, Direktur Pemasaran Orchard Park Batam keberadaan Ocean Park Batam yang dikembangkan oleh perusahaan properti nasional terkemuka, Agung Wirajaya (APL), akan menjadi pendorong bagi perekonomian di Batam dan sekitarnya. Batam tidak hanya menjadi gerbang utama Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), tetapi juga sebagai pusat bisnis (busines center) terdepan Indonesia.

Agung menambahkan memiliki sebuah kantor yang representatif kini mulai menjadi perhatian besar dari pemilik bisnis dan pengusaha di Batam. Masa berkantor seadanya di ruko sehingga hemat, kini mulai ditinggalkan dengan mulai bergeliatnya perekonomian Indonesia. Para pelanggan mulai memperhatikan 'wajah' dari kantor sebagai representasi dari pelayanan dan kualitas dari sebuah bisnis. Hal ini menyongsong ambisi pemerintah RI untuk menjadikan Batam sebagai kota industri kelas dunia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)