Marketing Strategy

Otobursa Tumplek Blek 2016 Targetkan Transaksi Rp30 Miliar

Abi Irawan (paling kiri dan Moch Fahrudin kedu dari kanan)

Abi Irawan (paling kiri dan Moch Fahrudin kedu dari kanan)

Otomotif kini menjadi bagian dari gaya hidup, terutama bagi orang-orang yang hidup di kota besar. Hal ini terlihat dengan ramainya pengunjung di berbagai acara otomotif. Pada tahun 2015, acara Otobursa Tumplek Blek mampu menarik 78.440 pengunjung dengan total transaksi Rp 29 miliar. Tahun 2016 menjadi tahun ke-17 diadakannya event Otobursa Tumplek blek. Moch Fahrudin, Business Director Otomotif Grup, berharap di tahun ini, nilai tersebut bisa dilampaui.

Ia menargetkan 79.500 pengunjung baik inidividu maupun keluarga. Transaksi ditargetkan mampu mencapai Rp 30 miliar. Pihaknya optimis dengan kenaikan jumlah transaksi dan pengunjung, mengingat semakin meningkatnya minat dan kebutuhan masyarakat akan otomotif.

Selain itu, survei yang dilakukan menunjukkan bahwa pemilik tenant sangat puas dengan event tahunan tersebut. Hal ini karena 96% pengunjung maupun pemilik tenant loyal dengan acara tersebut. Pada tahun lalu event ini dilaksanakan di lahan seluas 3,2 ha sementara di 2016, acara yang berlangsung di Plaza Timur & Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno ini dilangsungkan di lahan seluas 5 ha.

Partisipan yang ikut pada tahun ini mencapai 482 pelapak yang bergerak di bidang sparepart, aksesoris, apparel, oli, diecast, dll. “Peningkatan jumlah pelapak diharapkan mampu memberikan berbagai pilihan berbelanja bagi pengunjung,” ujar Abi Irawan l, Proyek Manager The 17th International Otobursa Tumplek blek.

Acara yang pertama kali dilakukan pada tahun 98 ini awalnya diperuntukan untuk masyarakat yang ingin menambah pendapatan mereka melalui penjualan otomotif bekas. Kegiatan ini pun terus berlangsung dan mulai meluas ke berbagai aksesoris serta pelengkapan otomotif lainnya. Kebanyakan peserta yang ikut dalam event ini merupakan komunitas atau pecinta otmotif.

Tak heran bila lambat laun, acara ini menjadi salah satu ajang bertemunya para komunitas pecinta otomotif baik roda dua maupun roda empat. Dalam event ini, Abi sengaja menyediakan area khusus bagi para komunitas yang ingin berkumpul. Para anggota komunitas ini akan memamerkan kendaraan mereka di Area B. Sedangkan, area bursa dan lapak, sponsor, foodcourt, parade test ride, parenting room, dan auto bild exotic car akan dilakukan di area A.

Untuk semakin meningkatkan jumlah pegunjung, event tahunan ini sengaja mengundang berbagai atraksi salah satunya dengan mendatangakan stunt rider. Mereka berasal dari Amerika, Kamboja, Indonesia, dan Thailand. Salah satu yang ditunggu adaah Nick Apex, street freestyle athelete dari Amerika.

Juga diadakan berbagai kompetisi seperti Pocket Bike Championship yang baru dilangsungkan tahun ini. Pertandingan balap pocket bike 50 cc ini dibagi untuk kelas anak-anak 6-9 tahun, 9-14 tahun serta dewasa untuk sebelum dan sesudah usia 40 tahun. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved