Pasca-Lebaran, Aktivitas Pasar Tanah Abang Lesu

Pasar Tanah Abang Blok A dan B tidak beroperasi dalam rangka hari raya Idul Fitri, hingga pekan depan. Kantor manajemen dan toko-toko di kedua blok tersebut baru beroperasi kembali Senin, 19 Agustus 2013.

Toko-toko baru beroperasi kembali Senin, 19 Agustus 2013 Toko-toko baru beroperasi kembali Senin, 19 Agustus 2013

“Yang buka Blok F, G, dan Metro Tanah Abang,” terang Amiruddin, petugas keamanan Blok A, ketika ditanyai tentang bagian pasar yang beroperasi (14/8).

Hal ini diamini oleh pemilik toko hijab Ed-Ies, Ade Fonda Arifin. “Toko saya di paling depan Blok A masih tutup hari ini,” ujarnya di ruko Ed-In, Blok F. Ade yang meneruskan usaha orang tuanya ini mengakui, tokonya telah menangguk peningkatan omset hingga 3 kali lipat selama bulan Ramadhan.

Berdasar pantauan SWAonline siang ini, kegiatan di Blok A dan B terbatas pada pembersihan bangunan fisik pasar, penambalan semen di samping gedung Blok B, dan penjagaan oleh sejumlah petugas Satpol PP. Semua pintu toko tampak masih tertutup.

Kegiatan di Blok A dan B terbatas pada pembersihan bangunan fisik pasar, salah satunya Kegiatan di Blok A dan B terbatas pada pembersihan bangunan fisik pasar, salah satunya

Sementara itu, kios dan toko di Blok F, deretan ruko Tirta Jaya di kompleks yang sama, dan Blok G sudah menjalankan perdagangan kembali sejak Senin kemarin (13/8).

Mengapa demikian? “Memang ketentuannya begitu. Itu, ada suratnya,” sahut Indra Subekti, pedagang pakaian batik Nusantara Jaya, di Blok F. Karyawannya pun masih mudik meski Indra sudah membuka kembali kiosnya yang berukuran 2 × 2 meter persegi.

Selama bulan Ramadhan, Indra meraup omset Rp 4-5 juta sehari. Senyampang Blok A dan B tutup pekan ini, ia merasa, lebih banyak pembeli yang beralih ke Blok F. “Saingan nggak buka. Jadi, sekarang saya masih banyak pembeli,” katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)