Marketing Strategy

Pentingnya Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis Mal

Pentingnya Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis Mal

Maraknya online shopping tak membuat pusat perbelanjaan ketar-ketir. Menurut Kantoro Permadi, Senior Marketing Communications Manager Grand Indonesia, pesatnya pertumbuhan toko online tak memengaruhi jumlah pengunjung mal. Pertumbuhan pengunjung mal Grand Indonesia pun masih meningkat dari 2.5 juta di akhir 2015 menjadi 2.8 juta diawal 2016.

salah seorang pemenang di acara pengundian hadiah mal Grand Indonesia, sebagai upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan

salah seorang pemenang di acara pengundian hadiah mal Grand Indonesia, sebagai upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan

Meskipun belum ada kajian empiris yang jelas untuk perbandingan jumlah peningkatan online shopping dengan pengunjung mal, namun ia percaya bahwa tidak akan terjadi penurunan signifikan. “Orang Indonesia datang ke mal itu bukan hanya untuk berbelanja saja, tapi mencari experience juga,” jelasnya.

Ia mengaku bahwa pertumbuhan bisnis mal Indonesia pun selalu bagus dengan peningkatan jumlah pengunjung 200.000 per bulannya. Oleh karena itu, menjaga kepuasan pelanggan menjadi salah satu kunci penting dalam mengembangkan bisnis mal di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen baik dari pihak mal maupun tenant yang ada.

Komunikasi pun sering dilakukan dengan para tenant untuk memastikan bahwa service yang diberikan sesuai dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan. Contohnya dengan mengikuti berbagai tren yang ada serta mencari tren tren baru yang sedang ramai, baik di Indonesia maupun Asia.

Salah satu keunggulan yang ia banggakan adalah adanya berbagai outlet ternama di mal Grand Indonesia yang menjadi terbesar se Asia. Contohnya seperti Zara, Forever 21, Uniqlo, dll. Outlet ini mampu menyediakan berbagai pakaian terlengkap dengan jumlah yang lebih banyak, bila dibandingkan dengan kompetitor.

Menurutnya, memberikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen akan membuat konsumen menjadi semakin loyal. Parameter kepuasan pun dilihat dari jumlah pengunjung yang datang. Tingginya jumlah pengunjung, menandakan bahwa pelayanan yang diberikan memuaskan. Sebab, konsumen Indonesia memiliki karakter gampang kapok, jika service tidak menyenangkan, mereka tidak akan datang lagi. Oleh karena itu konsumen pun harus dilayani dengan baik, misalnya dengan kartu member dengan berbagai fitur keunggulan.

Bagi Kantoro, ini menjadi salah satu trik dalam mengikat loyalitas kastemer. Pengelola mal memberikan berbagai fasilitas seperti G lounge, penukaran voucher belanja, diskon dan pengundian hadiah, kepada para konsumen. Sejak akhir 2015 kemarin, poin belanja juga bisa ditukarkan dengan tiket pesawat dari Air Asia.

Selain dengan Air Asia, pihaknya juga telah bekerjasama dengan Garuda selama setahun terakhir. Kegiatan ini diharapkan bisa membuat konsumen semakin sering datang dan berbelanja di mal Grand Indonesia. Hingga saat ini, G-card member atau kartu member Grand Indonesia sudah mencapai 85.000 pengguna dan tumbuh 20% setiap tahunnya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved