Peralatan Makin Canggih, BNI Biayai Nelayan

Kegiatan menangkap ikan tak lagi berisiko berkat teknologi keamanan dan komunikasi yang dirilis PT Sisfo Indonesia (Sisfo). Peralatan yang disediakan juga memungkinkan untuk melacak keberadaan ikan. Sehingga, produktivitas nelayan akan terus meningkat. Upaya ini adalah bagian dari program Kapal Digital Sahabat Nelayan (KDSN).

Sisfo mendirikan sekitar 50 gerai di beberapa wilayah di Indonesia untuk menjual peralatan berteknologi tinggi untuk nelayan. Salah satunya, aplikasi Pointrek yakni sistem untuk memonitor aset bergerak seperti ikan dan benda tak bergerak seperti kapal nelayan lain.

Tak hanya melacak ikan dan kapal, aplikasi ini juga mampu menggelar komunikasi dua arah, antara kapal dengan kapal atau dari kapal ke rumah nelayan. Komunikasi dengan sistem ini jauh lebih murah dibandingkan lewat telepon satelit.

Sistem ini juga dilengkapi electronic Log (e-Log) untuk pencatatan penangkapan ikan. Nelayan diharapkan segera memanfaatkan beragam keuntungan tersebut dengan menghubungi gerai Sisfo terdekat.

BNI

PT Bank Negara Indonesia Tbk membantu membiayai peralatan & perangkat lunak untuk nelayan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI Anton Fadjar A. Siregar dan CEO Sisfo Nirwan Harahap telah meneken Nota Kesepahaman (MoU).

Indonesia merupakan negara yang dua pertiga wilayahnya adalah lautan. Biaya komunikasi antara nelayan saat berada di tengah laut dengan keluarga di daratan atau para penampung ikan sangat mahal. Jumlah nelayan dan kapalnya di Indonesia pun sangat banyak.

“Sisfo punya misi yang jelas dalam keberpihakannya terhadap peningkatan kualitas hidup nelayan. Salah satu programnya adalah KUR untuk Nelayan dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas, Keamanan, dan Keselamatan,” ujar Corporate Secretary BNI Suhardi Petrus.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)