Perjalanan HM Sampoerna Merajai SWA 100 Tahun 2013

Akhir Juni 2013, PT HM Sampoerna Tbk keluar sebagai jawara SWA 100 yang didasarkan pada pencapaian Wealth Added Index (WAI) yang digelar majalah SWA bersama Stern Stewart & Co. Tidak mengejutkan, mengingat Indonesia sudah sejak lama tahu perusahaan ini sebagai salah satu pilar produsen rokok terbesar.

Perjalanan Sampoerna yang sudah pernah dikomandani 4 generasi ini tak pendek. Menarik mengetahui lika-likunya dari tahun 1913 sampai 2013 kini. Terutama, apa yang terjadi ketika Philip Morris membeli mayoritas saham perusahaan dari keluarga Sampoerna dan masyarakat. Adiguna Ginting, Direktur External Affairs Sampoerna, menyampaikan pada presentasi malam penghargaan SWA100: Indonesia’s Best Wealth Creators 2013, serta wawancara dengan Rosa Sekar Mangalandum.

Yos Adiguna Ginting, Direktur External Affairs PT HM Sampoerna Tbk.

Sejarahnya bermula dari seorang anak yatim piatu,yang dengan semangat dan kegigihannya, bukan hanya kemudian mampu menghidupi diri dan keluarganya saja, tetapi bahkan sekarang mampu menghidupi lebih dari 100.000 warga negara Indonesia.Dia adalah Liem Seeng Tee.

Liem Seeng Tee, generasi pertama, mendirikan usahanya tahun 1913. Bukan tanpa jatuh bangun. Dari upaya awal dengan berjualan arang berkeliling dengan menggunakan sepeda, lalu berdagang asongan di atas kereta api, lalu bekerja di pabrik rokok (sambil belajar meracik tembakau), lalu membuka warung bermacam-macam kebutuhan, sampai kemudian mendapatkan sukses besar sebagai pengusaha tembakau dan rokok dengan memanfaatkan kesempatan yang tepat saat ada seorang pedagang tembakau yang terpaksa menjual tembakunya dalam jumlah besar karena kesulitan keuangan.

Dengan impian pada suatu saat nantinya bisa membuat perusahaannya menjadi “Raja Tembakau”, Liem Seeng Tee menggunakan ilmu yang dia pelajari saat bekerja di pabrik rokok untuk meracik tembakau guna menghasilkan Dji Sam Soe yang kemudian terbukti benar-benar menjadi “Rajanya Rokok Kretek” karena kualitasnya yang unggul. Inilah produk generasi pertama Sampoerna yang sukses besar sejak dari awal hingga di usianya yang ke 100 tahun ini.

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)