Pertamina Siap Revaluasi Aset | SWA.co.id

Pertamina Siap Revaluasi Aset

Vice President Corporation Communication PT Pertamina Tbk (Persero) Wianda Pusponegoro mengatakan Pertamina sangat siap melakukan penilaian kembali asetnya atau revaluasi aset. “Kami siap melakukan revaluasi aset, itu adalah hal yang baik untuk mendukung rencana investasi ke depan,” katanya saat dihubungi Tempo pada Ahad, 25 Oktober 2015.

Kantor Pertamina (Persero) (Foto: IST) Kantor Pertamina (Persero) (Foto: IST)

Dia berpendapat bahwa rencana Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengutamakan sektor energi untuk direvaluasi asetnya adalah hal positif. Sebab, setiap melakukan proyek bisnis, aset perusahaan perlu direvaluasi sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas.

Program revaluasi aset BUMN masuk dalam Paket Kebijakan Ekonomi V yang baru beberapa hari lalu diluncurkan. Rini Soemarno pun mengatakan sedang memilah-milah BUMN yang akan direvaluasi asetnya. Ia menunjuk BUMN sektor pangan dan energi yang akan diutamakan untuk dinilai kembali asetnya.

Wianda menjelaskan, Pertamina memiliki banyak proyek. Dari akuisisi operasi kilang minyak PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI); peremajaan kilang di Cilacap, Dumai, Balongan, dan Balikpapan; hingga pembuatan kilang baru di Bontang dan Tuban. Dengan revaluasi aset, perusahaan pelat merah tersebut mengetahui rasio aset dan rasio utang sehingga pendanaan proyek bisa maksimal. “Kalau kita tahu aset kita, artinya kita tahu potensi yang kita miliki," ucapnya.

Dia mencontohkan, kalau sebelumnya dengan aset yang dimiliki hanya bisa mengerjakan tiga proyek, dengan revaluasi aset bisa saja mampu mengerjakan lima proyek.

Tempo.co

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)