Pesona Fokus Pengalaman Pelanggan

Pesanan Oleh-Oleh Nusantara (Pesona) yang didirikan JNE pada 2010 lalu tumbuh pesat. Website mereka, yakni www.pesonanusantara.co.id kini dikunjungan 2.000-5.000 orang perhari. Rata-rata tumbuh 40% setiap tahunnya. “Omset kami meningkat 72% sepanjang tahun 2015 dibanding tahun sebelumnya. Meski begitu, kontribusinya belum menjadi angka yang berarti terhadap (pendapatan) JNE,” kata Mayland Hendar Prasetyo, Head of Marketing Communication Division seraya menolak merinci nilainya.

Menurut dia, Pesona masih akan fokus pada pengalaman pelanggan. Inovasi program mereka menyasar UKM dan pelanggan, seperti edukasi tentang pengemasan yang lebih menjual serta kanal pembelian mudah dan nyaman lewat mobile apps maupun gerai-gerai JNE.

“Kami ingin mempersiapkan layanan yang benar-benar prima sebelum masuk ke promosi besar-besaran. Dengan cabang JNE di seluruh nusantara, Pesona bertindak sebagai one single merchant acquisition untuk produk makanan Indonesia,” ujarnya.

pesona

Dia menjelaskan, Pesona berkomitmen mengembangkan UKM di bidang kuliner ataupun produsen makanan. Tantangan mengirimkan makanan jauh lebih besar daripada mengirimkan non-makanan. Untuk itu dibutuhkan upaya yang juga besar.

Contoh, meningkatkan infrastruktur utama JNE yaitu, fasilitas operasional. Kunci keberhasilan pengiriman makanan adalah proses handling mulai dari vendor/UKM hingga tangan penerima. Sebagus apapun marketing/PR tidak akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan tanpa didukung layanan pengiriman yang prima.

“Kami juga mulai bersiap memproduksi homeproduct/homebrand dengan memberdayakan para UKM. Selain, juga beberapa lini bisnis yang mengarah kepada pengembangan UKM makanan,” ujar dia.

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, lanjut dia, para produsen makanan khas daerah yang tergabung dengan Pesona diwajibkan memiliki sertifikasi ijin BPOM/Depkes RI/Dinkes/P-IRT untuk menjaga kualitas produk yang akan dipasarkan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen.

“Pesona juga memberikan money back guarantee jika produk yang diterima rusak/basi karena kelalaian dalam pengiriman,” ujar dia.

Saat ini, tercatat lebih dari 3.000 varian makanan dapat dipesan di Pesona dengan asal daerah dari seluruh Indonesia. Pesona telah bekerjasama dengan lebih dari 600 produsen makanan khas daerah yang berasal dari seluruh Indonesia.

Meski begitu, peluang pasar masih sangat besar. Ini terlihat dari banyak juga kiriman makanan lewat JNE namun tidak melalui Pesona. Padahal, makanan yang dikirim bisa dipesan online di Pesona. “Ini mungkin karena belum meratanya informasi mengenai Pesona di seluruh Indonesia,” katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)