Produksi New Sienta, Toyota Investasi Rp 2,5 Triliun

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menanamkan investasi sebesar Rp 2,5 triliun atau sekitar US$ 186 juta untuk proyek produksi produk terbarunya the All New Sienta. Di tahap awal, Toyota menargetkan volume produksi sebesar 4 ribu unit per bulan. The All New Sienta telah diperkenalkan pertama kali kepada konsumen Indonesia oleh TAM pada akhir April yang lalu dalam perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS). Model ini menjadi produk kendaraan utuh keenam yang diproduksi secara lokal oleh TMMIN di antara jajaran model lainnya seperti Kijang Innova, fortuner, Etios Valco, Vios dan Yaris serta dua jenis mesin bertipe TR-K dan R-NR.

Peluncuran All New Sienta produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang Peluncuran All New Sienta produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang

“Kami memproduksi berbagai macam model di pabrik-pabrik kami di Indonesia. Kami berharap bahwa dengan semakin banyaknya model yang diproduksi secara lokal, maka akan memberikan sumbangsih nyata terhadap perkembangan industri otomotif serta ekonomi Indonesia melalui alih teknologi produksi (production know-how), pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), keterlibatan pemasok lokal, dan penanaman investasi,” kata Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN.

Sejak November 2015, dengan dimulainya produksi the All New Kijang Innova, dilanjutkan dengan produksi the All New Fortuner, mesin aluminimum berbasis bensin tipe R-NR, dan kini Sienta, jumlah pemasok lokal lapis pertama (tier 1) TMMIN melonjak cukup signifikan dari 107 perusahaan menjadi 139 perusahaan. Sejumlah rangkaian proyek tersebut juga berhasil menyerap tambahan tenaga kerja baru sebanyak 400 orang di TMMIN serta penanaman investasi sebesar Rp 9,7 triliun atau sekitar US$ 722 juta.

Selain itu, produk ini akan diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara mulai akhir tahun ini menyusul keberhasilan model-model kendaraan utuh bermerek Toyota yang telah lebih dulu eksis di pasar global seperti Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Agya, dan LiteAce. Hingga bulan Juni 2016, ekspor kendaraan utuh (Completely Build-Up/CBU) bermerek Toyota dari Indonesia mencapai 83.800 unit.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)