Strategy

Produsen Juice Ini Gencar Edukasi Pentingnya Clean Label

Pentingnya clean label dalam suatu produk ditegaskan oleh Richard Anthony, CEO dan Presiden Direktur PT Sewu Segar Primatama (SSP), produsen cold-pressed juice dengan merek dagang Rejuve. Clean label menjadi salah satu tren dan komitmen banyak brand makanan-minuman di berbagai negara seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan pilihan asupan nutrisi alami untuk tubuh. Namun, di Indonesia sendiri belum banyak brand yang mengadopsi prinsip ini.

Manajemen Rejuve mengklaim sebagai merek cold-pressed juice pertama di Indonesia yang mengadopsi prinsip clean label dan satu-satunya yang secara konsisten menjalankannya karena ini merupakan core value perusahaan terasebu. “Kami meyakini salah satu kriteria utama produk berbasis clean label, yaitu honesty and transparency terkait bahan dan proses pembuatan suatu produk, sejalan dengan visi utama brand yang sudah kami emban selama ini,” ujar Richard.

Prinsip clean label mensyaratkan suatu produk untuk terbuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan artifisial, minim proses, serta proses pengolahannya diinformasikan secara transparan atau dapat diakses dengan mudah oleh konsumen.

Meski tidak tergolong baru, prinsip ini masih belum begitu populer di Indonesia. Padahal, produk yang menerapkan standar clean label dapat menjamin kualitas dan transparansi tidak hanya dari sisi kandungan bahan dan nutrisi, tetapi juga proses pembuatan dari hulu ke hilir. Penerapan clean label sendiri sudah dilakukan sejak awal Rejuve berdiri, diperkuat dengan kampanye ke konsumen yang dilakukan secara konsisten.

Dengan menggelar berbagai forum diskusi yang salah satunya membahas mengenai nutrisi alami yang baik buat tubuh serta clean label itu sendiri, Rejuve berharap dapat memberikan informasi maupun edukasi kepada khalayak yang lebih luas.“Di Rejuve, kami menjunjung tinggi integritas untuk memberikan produk-produk yang lezat, sehat, dan jujur. Salah satunya, melalui penerapan konsep clean label agar konsumen mendapatkan produk berkualitas sesuai dengan apa yang tercantum di kemasan,” ungkapnya.

Apa saja bahan yang ditulis Rejuve di setiap botol, itulah yang konsumen dapatkan. Karena untuk kami, what you see is what you get! Tidak ada satu pun bahan yang ditutupi atau sembunyikan. Misi ini tentunya sejalan dengan apa yang sudah dicanangkan pemerintah melalui penerapan label “Pilihan Lebih Sehat” pada beberapa kelompok produk.

Rejuve juga melihat bahwa fokus industri pangan dan minuman di Indonesia sudah mulai mengarah ke produk yang lebih sehat, terutama karena makanan dan minuman yang dibuat dari 100% bahan-bahan alami diyakini lebih baik untuk kesehatan tubuh karena kaya nutrisi alami, selain tentunya juga lebih aman. “Untuk itu, kami mengutamakan pemenuhan standar clean label di setiap produk demi memberikan konsumen rasa aman lebih akan produk yang dikonsumsi,” lanjut Richard.

Richard mengaku, Rejuve terbuat dari 100% sayuran organik dan buah-buahan segar berkualitas, bebas pestisida, dan bebas lilin yang mayoritas diambil dari perkebunan lokal. Sebagai bagian dari penerapan nilai transparansi, Rejuve memastikan bahwa konsumen dapatmengetahui seluruh informasi kandungan bahandan nutrisi tertera pada kemasan. Rejuve juga membuka akses ke konsumen untuk melihat proses pembuatan produk dari hulu ke hilir melalui program factory visit di Cold-Pressed Production Facility Rejuve yang sudah bersertifikasi HACCP sebelum pandemi Covid-19.

Secara daring, konsumen juga dapat melihat proses pengolahan pada video korporat di kanal YouTube. Terbukanya akses ini bertujuan agar konsumen dapat melihat semua proses pembuatan, mulai dari pemilihan bahan, pencucian sayur organik, buah segar dan rempah segar yang dicuci dengan air minum berklorinasi, lalu dibilas sebanyak tiga kali dengan air murni (reverse osmosis water).

Konsumen juga dapat melihat proses pengolahan melalui teknologi HPP (High Pressure) pertama di Indonesia yang membuat produk lebih aman untuk dikonsumsi serta kandungan vitamin, mineral, antioksidan, enzim dan rasa tetap terjaga. Seluruh upaya penerapan prinsip clean labelini dilakukan untuk memastikan bahwa konsumen mendapatkan produk berkualitas terbaik sesuai dengan apa yang tercantum di kemasan.

Dokter Sylvia Irawati, M.Gizi, dokter gizi medik, menjelaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi alami salah satu kunci utama kesehatan yang prima. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dari buah dan sayur segar maupun produk alternatif yang memiliki kualitas nutrisi serupa.Secara umum, kebutuhan nutrisi alami tubuh dan keluarga adalah vitamin C, vitamin D, zinc, selenium, zat besi, dan protein. Berbagai nutrisi ini sangat krusial bagi tubuh, akan tetapi tidak selalu bisa dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari. Hal ini cukup menjadi tantangan, terutama bagi beberapa orang dan anak-anak yang sulit mencerna sayur dan buah secara utuh dalam jumlah besar setiap harinya.

Sejauh ini, proses edukasi yang dilakukan oleh Rejuve kepada konsumen selalu konsisten menggandeng para pembicara dari pakar di bidangnya serta praktisi yang relevan sebagai pemateri. Tujuannya, agar konsumen mendapatkan informasi yang berimbang tentang nutrisi alami, kesehatan, serta tips-tips yang bisa diterapkan secara praktis. Selain itu, sebagai bagian dari penerapan nilai transparansi, Rejuve berencana untuk membuka kembali program factory visit setelah pandemi usai.

Menurut Richard, memberikan edukasi dan informasi praktis yang bisa diterapkan oleh konsumen dalam kehidupan sehari-hari merupakan pengejawantahan dari visi kami “brand with integrity”, termasuk tentunya mempelopori penerapan konsep clean labelini. Kami juga berharap bahwa masyarakat dapat lebih bijak dalam memilih produk apa saja yang baik untuk dibeli dan dikonsumsi terus tergerak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi alaminya melalui buah dan sayur segar maupun produk-produk yang memenuhi standar clean label.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved