Strategy

Rahasia Penjualan Dekornata Melesat 3 Kali Lipat

Giovanno Warli, pemilik bisnis Dekornata.

Didirikan pada 2018 oleh Giovanno Warli, Dekornata merupakan bisnis lokal yang berkolaborasi dengan perajin dari Jawa hingga Kalimantan untuk menjual berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah. Awalnya Dekornata hanya memiliki satu perajin dengan tiga produk. Komitmen melakukan pemasaran secara online membuatnya bisa merangkul lebih dari 50 mitra peajin di seluruh Indonesia dengan lebih dari 200 variasi produk.

“Tujuan kami adalah memasarkan produk-produk buatan perajin Indonesia melalui optimalisasi teknologi dan platform digital. Sebab dengan online kita tidak perlu membayar overhead yang berlebih, harga produk kita juga menjadi lebih kompetitif, pembeli juga menjadi lebih luas tidak hanya di Jakarta dan Bogor,” ungkap Giovanno dalam konferensi pers secara virtual, Senin (31/05/2021).

Tidak dapat disangkal bahwa pandemi Covid-19 telah mendatangkan hambatan bagi dunia usaha, termasuk Dekornata. Gio mengaku, di awal pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, pesanan yang datang ke Dekornata langsung turun drastis. Kliennya harus hold project bahkan membatalkan pesanan.

Namun dengan kegigihan dan inovasi hambatan tersebut bisa dilewati. Gio bercerita, di saat pesanan menurun ia memanfaatkan waktu untuk mengevaluasi bisnisnya. Ia melihat peluang dari banyaknya masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Untuk itu ia berinovasi mengembangkan produk rumah tangga dan alat masak seperti rolling pin, sendok takar, spatula, talenan, dan lainnya.

Tak disangka produksi kembali ramai usai mengembangkan produk rumah tangga dan dapur, omzet Dekornata pun melonjak hingga 3x lipat. “Yang awalnya kami khawatir karena project di-hold dan dibatalkan, justru kami menjadi kewalahan memenuhi pesanan online. Darisitu kami pun membuat set bundling hingga hampers,” jelas Gio yang mengklaim semua produknya hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan.

Giovanno juga membagikan beberapa strategi yang kerap ia lakukan demi meningkatkan penjualan meski di tengah pandemi. “Selain aktif mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya Home Living SALEbrations, kami juga rutin berinovasi produk, seperti peralatan makan, pot tanaman hias hingga parsel Ramadan. Juga berinovasi memanfaatkan teknologi AR agar pembeli bisa ‘mencoba’ produk Dekornata tanpa harus keluar rumah,” terangnya.

Selama Kuartal I/ 2021, kategori Home and Living di Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat dibanding kuartal I 2020. Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti mengungkapkan, bantal tidur, alat pel lantai serta peralatan dapur seperti set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari.

Ia menambahkan, kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori tersebut mendorong pihaknya terus menggandeng para pegiat usaha termasuk UMKM lokal yang menjual produk rumah tangga, dapur, furnitur hingga pertukangan melalui berbagai inisiatif. Salah satunya, kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama Juni 2021. “Kami harap kampanye ini dapat memfasilitasi kebutuhan rumah tangga masyarakat. Di sisi lain kami ingin memberikan panggung kepada UMKM untuk bisa berpartisipasi lagi di tengah pandemi,” ujarnya.

Home Living SALEbrations menjadi salah satu panggung bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata, untuk terus beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi seperti Tokopedia.

Selama kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale berlangsung (1-30 Juni 2021), masyarakat bisa mendapatkan beragam nilai tambah, seperti Flash Sale serba Rp6.000, diskon hingga 90% setiap hari, cashback hingga Rp200.000, Mystery Box, Tokopedia Play Parade Seru hingga Online Bidding mulai dari Rp10.000.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved