Strategy

Raih Pendanaan Seri B, Jumpstart Siap Ekspansi ke Jawa-Bali

Jumpstart, jenama penyedia mesin kopi otomatis, mendapatkan pendanaan seri B yang dipimpin Cool Japan Fund dengan Living Lab Ventures. Sebelumnya, brand yang telah berdiri sejak tahun 2018 tersebut telah mendapatkan seri A dari GDP Venture pada awal berdiri.

Pendanaan ini akan digunakan untuk menambah jumlah dan variasi mesin penjual otomatis. Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk pembaharuan teknologi mesin penjual otomatis, dan merekrut tim sehingga bisa lebih kompetitif di pasar Indonesia.

“Jumpstart berencana go international di tahun 2025,” kata Brian Imawan, CEO JumpStart. Saat ini, Jumpstart telah menyediakan 20 menu kopi dan minuman non kopi seperti cokelat dan teh matcha. Tidak hanya itu, perusahaan juga sudah memproduksi label kopi sendiri yang telah berkembang menjadi 25 macam kopi signature.

Pengembangan lini bisnis pun dilakukan pada 2022 dengan memasarkan berbagai produk makanan dan minuman ringan, produk fesyen, obat – obatan, kosmetik, makanan hewan, sampai produk UMKM di smart vending machine atau mesin pemasaran otomatis mereka. Langkah ini sukses dengan raihan pertumbuhan 400% pada Semester II/2022. “Pertumbuhan ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan pasar pasca pandemi, inovasi produk dan edukasi terhadap penggunaan fasilitas mesin pintar,” ungkapnya.

Di pertengahan tahun ini, Jumpstart juga sedang bersiap untuk melakukan ekspansi ke kota lain di wilayah Jawa dan Bali. Sebagai gambaran, saat ini, Jumpstart telah tersebar di 2.000 titik di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Strategi ekspansi dan diversifikasi produk tersebut diharapkan bisa meningkatkan penjualan dan daya tarik kepada segmentasi pelanggan baru.

“Dengan berinvestasi pada bisnis yang memasang mesin penjual otomatis lengkap dengan fungsi non-tunai dan AI di Indonesia, kami berharap dapat memperluas penjualan barang-barang dari produsen Jepang, termasuk kue, minuman, dan makanan ringan di Indonesia,” kata Hashimoto, PR Representative JFC.

Selain itu, dia berharap Langkah ini bisa menciptakan platform bagi para produsen tersebut untuk berekspansi ke Indonesia dan memperkuat hubungan bisnis antara Indonesia dan Jepang, sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua negara. “Bersama dengan tim engineer dan tim kreatif internal yang kami miliki, kami sudah menyiapkan beberapa terobosan baru dengan membuat beberapa mesin terkini yang menarik termasuk produk private label di dalamnya,” kata Brian menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved