Rencana Pendidikan Papua Terus Digodok

Rencana Strategis (RENSTRA) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Papua selesai disempurnakan dengan memasukkan sejumlah terobosan untuk mempercepat perluasan akses, meningkatkan kualitas dan tata kelola pendidikan di Papua.

Final dari Perencanaan Strategis Pendidikan dan Kebudayaan Papua 2013-2018 ini disosialisasikan kepada para pemangku kewajiban kunci dan masyarakat Papua melalui Lokakarya III agar dapat dijadikan referensi utama penyelenggaraan program-program pembangunan pendidikan dan kebudayaan, baik di tingkat provinsi mapun kabupaten, serta oleh para pengurus yayasan pendidikan swasta berbasis agama/lainnya dan para mitra pembangunan di Papua.

header2

 

Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa'ad, menjeskan bahwa pihaknya bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, secara khusus mengundang partisipasi aktif para mitra pembangunan pendidikan yang telah berkiprah di Papua selama ini.

ACDP Indonesia dan program kinerja yang didukung oleh USAID  terlibat aktif dalam penyempurnaan RENSTRA Pendidikan dan Kebudayaan Papua 2013-2018. Rencana tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan kelompok kerja teknis. Fungsinya adalah sebagai tim kunci pengkaji dan penulis yang mengembangkan atau melakukan berbagai penyesuaian atas RENSTRA tersebut.

Salah satu hal yang dimasukkan dalam RENSTRA ini adalah penggunaan bahasa ibu sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran, khususnya untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan di kelas awal Sekolah Dasar (kelas 1, 2 dan 3) di Papua yang dikenal dengan istilah Pendidikan Multi-Bahasa Berbasis Bahasa Ibu / PMB-BBI. Masuknya PMB-BBI ini dinilai sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Papua.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)