Rp 9,9 Triliun Digelontorkan XL Axiata untuk Akusisi Axis

PT XL Axiata Tbk. (XL) sepakat mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia (AXIS), melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CSPA) dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment B.V. yang merupakan anak perusahaan STC.

XL RUPS2“Dalam CSPA disepakati nilai 100% perusahaan Axis sebesar US$ 865 juta (Rp 9,9 triliun), dengan catatan buku Axis bersih dari utang dan posisi kas nol,” kata Presdir XL Axiata, Hasnul Suhaimi di Jakarta, Kamis (26/8).

Menurut Hasnul, sejumlah syarat lainnya yaitu, Teleglobal akan menjual 95% saham di Axis kepada XL, harga Pembayaran akan digunakan untuk membayar nilai nominal saham AXIS, serta membayar hutang dan kewajiban AXIS.

Penyelesaian transaksi dilakukan setelah kondisi yang disepakati terpenuhi yaitu diperolehnya persetujuan dari instansi pemerintah terkait, persetujuan pemegang saham XL melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), dan tidak ada ada perubahan dari kepemilikan spektrum.

Dalam transaksi ini XL akan membayar nilai nominal saham yang disepakati dan akan membayar sebagian dari hutang dan kewajiban Axis.

XL berharap, aksi korporasi ini membuat XL mampu memberikan kualitas layanan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan. “Dengan akuisisi Axis, XL akan mengukuhkan posisinya sebagai salah satu operator terdepan di industri sekaligus memperkuat kepemimpinannya di layanan data mobile,” tegasnya.

Untuk transaksi akuisisi itu, XL menunjuk Merril Lynch (Singapore) Pte. Ltd. (Bank of America Merril Lynch) sebagai penasihat keuangan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)