Sekawan Sumber Sejahtera Penetrasi ke Pasar Kayu Lapis Tim-Teng

Timur Tengah (Tim-Teng) adalah kawasan yang secara ekonomis mempunyai potensi untuk menyerap produk kehutanan Indonesia

Kayu lapis (plywood) Indonesia merupakan produk unggulan dari hasil pengelolaan kehutanan. Salah satu produsen kayu lapis adalah PT Sumber Sekawan Sejahtera (SSS),  yang berhasil mengeskpor produk ke pasar internasional  untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan.

Sebagai produk yang dikategorikan ramah lingkungan, bahan baku kayu lapis berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, dari areal hutan tanaman industri dan hutan swakelola masyarakat.

Timur Tengah (Tim-Teng) adalah kawasan yang secara ekonomis mempunyai potensi untuk menyerap produk kehutanan Indonesia, jika ditilik dari pendapatan per kapita penduduk mayoritas negara-negara di sekitar Teluk Persia dan Laut Tengah.

Untuk penetrasi pasar ini, SSS menjadi salah satu peserta dari Indonesia dalam Bahrain International Garden Show bertempat di Bahrain International Exibition & convention Center (20-24/2/2019), sebuah event tahunan yang sudah berlangsung sejak tahun 2004.

Acara ini terselenggara di bawah perlindungan penuh dan kemurahan hati Yang Mulia Raja Hamad Bin Isa Khalifa, Raja Bahrain dan diresmikan oleh Princess Sabeeka Binti Ibrahin Al Khalifa, istri Raja Bahrain.Acara itu sendiri mendapat kunjungan dari 48.000 pengunjung profesional (VIP, arsitek, konsultan, pengembang & industri) dan umum, dari negara-negara Teluk, Amerika dan Eropa. Tercatat ada 158 peserta pada saat diselenggarakan pada tahun 2018. Ini menunjukkan bahwa lebih dari 80% negara-negara di dunia (195 negara di dunia tahun 2019) menjadi pesertanya.

Secara produk yang ditampilkan pada pameran tersebut meliputi pertanian dan pendukungnya, mulai dari furniture untuk taman, lampu, gazebo dari kayu & bamboo, pot bunga & tanaman, rempah-rempah (spices), kopi, teh, spa, produk kelapa dan turunannya, madu, bunga & buah segar & kering, dan sebagainya.

Pihak penyelenggara menyediakan area untuk Pavilion Indonesia seluas 90 meter per segi dan PT Sekawan Sumber Sejahtera mendapatkan kehormatan menjadi salah satu dari 10 perwakilan mengisi salah satu booth yang tersedia. Televisi nasional setempat, Bahrain News juga membuat liputan di depan PT Sekawan Sumber Sejahtera sebagai salah satu peserta di Pavilion Indonesia.

Sepulangnya dari lawatan di Bahrain, Fera Indratie Prajitno, Public Relations Head PT Sekawan Sumber Sejahtera menuturkan optimismenya dari hasil pameran kali ini. “Ini merupakan kehormatan sekaligus wujud partisipasi nyata PT Sekawan Sumber Sejahtera untuk mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan ekspor ke pasar Timur Tengah. Industri kayu lapis Indonesia butuh pasar ekspor baru untuk ekspansi dan antisipasi dinamika harga pasar internasional,” kata Fera.

Kehadiran Indonesia di ajang pameran produk pertamanan dan tanaman terkemuka di Manama ini berkat inisiatif dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di ibukota Kerajaan Bahrain tersebut. Delegasi kecil SSS juga mendapat kesempatan untuk beramah tamah dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain, Nur Syahrir Rahardjo.

Selain dukungan dari Kementerian Luar Negeri, tindak lanjut teknis dengan kementerian terkait tentunya akan membuat gairah ekspor produk setengah jadi dan jadi kehutanan Indonesia akan kembali bergeliat di tengah persaingan dari produsen China dan Vietnam.

SSS ingin mengembangkan strategi untuk menjangkau pasar regional yang lebih luas disamping pasar ekspor Indonesia yang sudah ada seperti Amerika Serikat, Korea, Jepang, dan Eropa dengan produk unggulannya veneer dan plywood. Veneer sendiri merupakan lembaran kayu yang menjadi bahan finishing pada kayu lapis dan block board, sekaligus menjadi bahan baku untuk kedua produk itu sendiri. Sedangka, kayu lapis adalah 3 lapis veneer yang ditempel jadi satu sehingga dikenal di masyarakat sebagai tripleks dan plywood 5 lapis veneer dikenal sebagai multipleks.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)