Seragam Motif Tenun Ikat Karyawan BCA Karya Didiet Maulana

(ke-2 dari kanan) Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA

Tenun ikat sebagai salah satu kekayaan industri kreatif Indonesia kini mulai dikembangkan secara massal dan tersebar di berbagai daerah seperti Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, Timor, dan lain sebagainya.

PT Bank Central Asia Tebk. (BCA) merasa terpanggil untuk memperkuat identitas nasional dengan menjadikan tenun ikat sebagai bagian motif seragam karyawan bank swasta tersebut. “Tenun ikat merupakan salah satu khas wastra nusantara yang tak hanya menjadi sarana promosi. Kita harapkan tenun ikat bisa diakui menjadi karya putra Indonesia. Anak muda menjadi salah satu influencer untuk promosi produk Indonesia. Perusahaan lain bisa terinspirasi dan dunia internasional pun mengakui," ucap Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA di acara forum Kafe BCA bertema “ Tenun Ikat, Indonesiaan Legacy into the Spotlight” di Jakarta (9/7/2018).

Menurut Jahja, melalui inisiatif memproduki seragam BCA bermotif tenun ikat ini, pihaknya mendorong terciptanya kebutuhan massal terhadap tenun ikat sebagaimana halnya batik. Sehingga, masyarakat penenun memiliki kesempatan mengembangkan hasil karya tenun tersebut. Ini diharapkan dapat mengguah pelaku ekonomi dalam negeri untuk memanfaatkan nilai dan warisan kekayaan budaya nasional.

Motif tenun yang dipilih mewakili karakter BCA yakni gambar cengkeh berwarna paduan biru dan kuning yang saling mengikat, khusus didesain oleh desainer tenun ikat Indonesia Didiet Maulana. Menurut Didiet, pihaknya membutuhkan sekitar 45 ribu meter kain untuk membuatkan seragam 27 ribu karyawan BCA yang akan mengenakannya di 1.200 kantor cabang BCA seluruh Indonesia..

“Proses pembuatan tenun ikat bekerja sama dengan pengrajin sebagai seragam karyawan BCA yang identik warna biru itu sekitar dua tahun,” kata Lianawati Suwono, Direktur BCA. Sekitar 500 orang penenun yang diberdayakan dalam proyek pembuatan seragam BCA itu.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!