Spotify Jembatani Iklan-Iklan bagi Perusahaan

Sebagai bagian dari strategi masuk ke pasar Indonesia, Spotify, penyedia musik streaming di Indonesia, mempertemukan perusahaan dengan khalayak. Hal ini didasari karena pengguna Spotify di Asia Tenggara menghabiskan rata-rata 149 menit atau 2,5 jam setiap hari untuk mendengarkan musik. Ini membuka peluang bagi perusahaan untuk menjangkau pengguna.

Salah satunya adalah kerja sama dengan PT Unilever Indonesia Tbk. Unilever sebagai mitra pengiklan eksklusif di Indonesia, diawali dengan beberapa kampanye seperti Axe, Cornetto, dan Close Up. CtrlShift, perusahaan solusi pemasaran yang berfokus pada khalayak, menjadi reseller media digital Spotify di Indonesia.

Layanan Musik Streaming Spotify Resmi Masuk ke Indonesia Layanan Musik Streaming Spotify Resmi Masuk ke Indonesia

“Kerja sama ini sebagai kesempatan untuk menjangkau dan mengikutsertakan pasar anak muda melalui animo mendalam mereka terhadap musik. Axe, Close Up, dan Cornetto telah menyusun rencana khusus yang mengintegrasikan kampanye perusahaan ke dalam peluncuran Spotify di Indonesia. Berbagai perusahaan menantikan wawasan-wawasan menarik yang dihasilkan konten dan playlist Spotify,”ujar Eka Sugiarto, Country Media Head Unilever Indonesia.

Spotify membuka wawasan mengenai khalayak, menghubungkan perusahaan dengan generasi streaming melalui data dihasilkan lebih dari 25 miliar jam waktu dengar secara global. Format beriklan mencakup, format audio dan digital yaitu kombinasi tepat antara iklan audio dengan kegiatan digital secara bersamaan menghadirkan kampanye call to action di seluruh perangkat.

Kemudian Open Application Program Interface (API), menciptakan kampanye yang berpusat pada fitur Spotify, misalnya ketika pengguna memilih lagu untuk membuat playlist bermerek. Dengan open APIs, kampanye-kampanye tersebut dapat diletakkan pada situs perusahaan atau halaman Facebook.

Halaman pengiklan memberi "penguasaan" ruang yang terintegrasi dengan platform Spotify memberikan kesempatan untuk menciptakan kampanye yang lebih lama dengan generasi konten yang sedang berjalan berhubung musik bersifat sosial, begitu pula dengan Spotify. Penggemar musik dapat mencari dan membagikan musik kepada kerabat melalui integrasi mendalam Spotify dengan Facebook.

Ketika pengguna Spotify membagikan konten yang didukung oleh pengiklan, seperti playlist bermerek, hal ini akan menciptakan efek viral bagi kampanye terkait. “Memadukan iklan audio dengan visual bukan hanya salah satu bentuk pemasaran daring, tetapi juga merupakan tambahan unik bagi pasar periklanan Indonesia,” kata Sunita Kaur, Direktur Spotify untuk Asia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)