Startup Weekend Jakarta Jaring 30 Ide dalam 3 Hari

Mengadakan ajang khusus untuk kewirausahaan merupakan cara ampuh menggalang semangat para pelaku startup, apalagi kalau diadakan rutin.

Suasana presentasi saat Startup Weekend Jakarta

Maka, Grupara Inc. menggelar Startup Weekend Jakarta. Ajang tersebut merupakan lomba model usaha dan produk di bidang teknologi informasi yang mengadu 30 ide startup selama 3 hari.

Di Prasetiya Mulya Business School dan @america pekan lalu, 120 kontestan-wirausahwan bersaing mendapatkan nilai tertinggi dari 6 juri di depan 50 penonton. Perbandingan antara pebisnis, pemrogram, dan designer yang bernilai rasio 3 : 1 : 2 memberikan atmosfer kondusif untuk penyemaian startup terkait.

“Campuran orang bisnis, programmer, dan designer sangat baik,” ungkap Aryo Prakoso Ariotedjo, Managing Partner Grupara Inc., menyetujui dalam pernyataan tertulisnya (9/7). Ia mengamati, para kontestan mayoritas masih baru dalam dunia teknologi. “ ingin mempelajari bagaimana cara membangun bisnis startup yang menguntungkan dan berguna untuk banyak orang,” lanjutnya lebih jelas.

Selain menjaring pendatang baru, Startup Weekend Jakarta berhasil pula memikat pengusaha yang sudah berpengalaman dalam membangun startup maupun pekerja profesional dari perusahaan teknologi.

Tim yang mengikuti seleksi dalam Startup Weekend Jakarta

Bagaimanapun juga, ini kompetisi. Tak semua ide yang diusulkan bisa lolos dari meja penjurian. Pada babak akhir, 3 aplikasi yang dinilai layak jadi jawara mencakup DapurCity, Pulse.co.id, dan Bill.E.  DapurCity, yang menyerupai AirBnB.com karena fungsinya membantu rumah tangga untuk berbisnis makanan, menempati posisi ke-3. Pulse.co.id, aplikasi yang serupa dengan Nike Fuel & Jawbone Up, berada di urutan ke-2 dengan harga lebih murah yang dibebankan pada pengguna. Sebagai jawara, Bill.E unjuk gigi dengan kemampuannya mendigitalisasi bon atau struk pembelian sehingga penghitungan pengeluaran bulanan makin mudah.

Seperti yang diharapkan, ajang Startup Weekend Jakarta sukses menggaet 20 mentor pula. “Banyak bertambah jumlah mentor yang ingin membantu tim-tim,” ujar Aryo optimis. Mentor yang tergerak berpartisipasi tidak hanya datang dari Indonesia, tetapi juga Singapura, Filipina, dan Thailand.

Peluang menerima mentoring terbuka bagi semua tim yang berkompetisi dalam Startup Weekend Jakarta. Dalam masa inkubasi bisnis itu, tim juga berhak menikmati fasilitas kantor tanpa dikenai biaya ataupun pungutan terhadap saham startup yang bersangkutan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)