Strategi Cimory Menjalankan Bisnis Sosial

Berawal dari sebuah bisnis kecil yang ingin meningkatkan taraf hidup peternak sapi di Cisarua, Farell Sutantio dan sang ayah, Bambang Sutantio mendirikan PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory). Ide dimulai ketika 10 tahun lalu, ia dan ayahnya sedang berkeliling desa dengan sepeda motor. Mereka bertemu dengan peternak sapi sekitar yang tergolong tidak sejahtera. Saat itu harga susu sapi di bawah Rp 3 ribu/liter. Ia berpikir jika harga susu yang rendah, peternak sapi tidak dapat survive.

Farell Sutantio - Direktur PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory) dan Haryati Simanjuntak - Pemenang Bulanan (Mei 2016) untuk kompetisi #MenanginSapi Farell Sutantio - Direktur PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory) dan Haryati Simanjuntak - Pemenang Bulanan (Mei 2016) untuk kompetisi #MenanginSapi

Dengan modal € 1 juta dari dana hibah Belanda, ia membangun perusahaan dengan konsep sebuah perusahaan susu yang memiliki dampak positif ke lingkungan yaitu dalam hal peternak sapi perah lokal. “Kami beli susu dari peternak dengan harga yang tinggi. Harga Rp 3 ribu/liter saat itu, tapi kami tambah 10 persen,” ujar Farrel Sutantio, Direktur PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory).

Ia pun mendirikan perusahaan yang dekat dg KUD. Selain itu memilih membuka 2 restoran di Puncak, Bogor yang ramai dan strategis, yaitu Cimory Overview dan Cimory Riverside.

Sedangkan bagi para ibu sekitar perusahaan yang tidak memiliki pekerjaan, ia memberi training untuk kemudian dipekerjakan sebagai agen distribusi produk Cimory. Ibu-ibu tersebut tergabung dalam Miss Cimory sejak tahun 2012. Program ini berhasil meningkatkan perekonomian mereka, yaitu rata-rata penghasilan 3,5 juta/bulan/orang. “Saat ini jumlahnya sudah ratusan. Target kami jumalnya 1.000 lebih Miss Cimory,” tambahnya.

Tagline “Dobel Baiknya” diusung oleh Cimory karena Cimory ingin masyarakat yang mengonsumsi produknya sadar bahwa mereka telah terlibat nyata dalam rantai kebaikan Cimory. Salah satu aksi nyata dari Cimory untuk mengedukasi masyarakat tentang “Dobel Baiknya” adalah melakukan kompetisi Menangin Sapi.

“Menangin Sapi” telah berjalan sejak awal April 2016. Konsumen hanya perlu membuat video atau foto bersama product Cimory dan alasan mengapa mereka pantas menjadi pemenang lalu mengunggah video atau foto tersebut ke social media dengan hashtag #MenanginSapi.

Setiap harinya akan ada pemenang harian, mingguan, dan bulanan. Pemenang bulanan akan mendapatkan hadiah utama sebesar Rp10 juta dan 1 ekor sapi yang akan langsung didonasikan kepada peternak sapi perah lokal. Cimory berharap dengan kegiatan “Menangin Sapi” makin banyak perternak lokal yang bisa mendapat bantuan memiliki tambahan sapi yang disumbangkan oleh konsumen Cimory sendiri.

Tidak berhenti di situ, Cimory terus berinovasi dalam mewujudkan aksi nyata Dobel Baiknya melalui kerjasama dengan Habitat for Humanity. Cimory berkomitmen memberikan Cimory Yogurt kotak kepada Habitat for Humanity yang akan dijual dan hasilnya akan dibangunkan rumah untuk orang yang membutuhkan yaitu Cimory Village di Sentul. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)