Strategy

Strategi Misumi Indonesia Jadi One-Stop Solution Bagi Pelaku Bisnis

Victor M. Saragih, Misumi Indonesia Deputy Director

Pandemi Covid-19 memengaruhi berbagai sektor bisnis di berbagai belahan dunia mulai dari level produsen, distribusi hingga konsumen. Namun, Misumi Indonesia tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik. Hal ini tak lepas dari keinginan untuk berkontribusi memajukan sektor industri di Indonesia.

“Selama situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, kamia berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan maksimal,” ujar Mellisia, Misumi Indonesia Ecommerce Business Support Manager.

Sebelum terjadi pandemi, Misumi Indonesia telah melakukan serangkaian tindakan strategis guna meningkatkan performa bisnisnya. Perusahaan ini merelokasi dan memperluas gudang logistiknya untuk menambah kapasitas penyimpanan dan mempercepat proses pengiriman barang. Ekspansi gudang diharapkan akan meningkatkan kapasitas stok dengan berbagai macam produk yang lebih banyak.

Dengan ekspansi ini, kapasitas gudang menjadi dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya. Tahun ini gudang Misumi telah menampung lebih dari 63.000 unit stok dan menawarkan varian produk sekitar 9,5 juta produk dengan 1.600 merek. Ini meningkat dibandingkan sebelumnya yang mencapai 3 juta produk, 1.500 merek dan 50.000 unit stok pada akhir 2019.

Strategi ini terbukti menjadi salah satu alasan bagi pelanggan untuk setia menjalin kerja sama. “Selama masa pandemi, kami tertolong dengan fitur-fitur online Misumi Indonesia karena produk yang dibutuhkan oleh engineer kami sangat spesifik dan seringkali banyak produk custom. Jadi dengan banyaknya variasi produk yang tersedia t membantu kami. Selain itu penawaran harga dan waktu pengiriman bisa diperoleh dalam waktu singkat. Banyak sekali produk yang tidak terdapat di supplier lain, namun ada di Misumi Indonesia,” ujar Budianto, pelanggan yang bergerak di industri engineering.

“Kami memilih Misumi Indonesia karena variasi produk dan mereknya yang sangat lengkap. Saat kami benar-benar memerlukan produk yang sangat penting dan tim Misumi siap membantu dan merespons kebutuhan kami,” tutur Yudhistira, pimpinan perusahaan yang bergerak di industri mechanical & electrical.

Bagi Misumi, ketersediaan stok, dan layanan pengiriman tepat waktu membuat perusahaan unggul dan menjadikannya sebagai onestop solution bagi pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi komitmen utama, oleh karena itu diperlukan berbagai inovasi sebagai upaya beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat. Inovasi ini bertujuan untuk memenuhi ekspektasi pelanggan yang didominasi perusahaan-perusahaan dari industri infrastruktur & manufaktur seperti FMCG hingga kesehatan. Mereka menginginkan pelayanan cepat, tepat waktu, andal, sistematis dan memiliki harga kompetitif.

“Untuk kepuasan pelanggan, kami telah menerapkan VONA (Variation & One-stop by New Alliance) yang menyediakan berbagai macam merek komponen industrial dan WOS (Web Ordering System) di Indonesia. Kami juga senantiasa menyajikan informasi terbaru melalui e-catalog untuk memberikan kebebasan memilih bagi pelanggan dengan menawarkan lebih banyak merek dan produk,” ujar Victor M. Saragih, Misumi Indonesia Deputy Director.

Penerapan ini menjadikan Misumi Indonesia memiliki keistimewaan di mata pelanggannya. “Kami terbantu dengan adanya WOS, VONA dan 3D CAD (gambar 3 dimensi untuk produk) yang disediakan oleh MISUMI Indonesia. Sistemnya sangat kredibel, akurat, andal dan sangat mudah diakses. Bintang 5 untuk MISUMI Indonesia,” ujar Wahyudi, pelanggan di industri manufaktur.

Kemudahan akses membuat para pelanggan tidak mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan perusahaannya agar bisnisnya tetap berjalan. Hal ini dikarenakan sistem dilengkapi dengan e-catalog dan sistem bantuan untuk pelanggan berupa fitur Misumi 3D CAD (Computer-Aided Design), sebuah inovasi dalam proses desain dan interface unik. “Inilah yang membuat Misumi berbeda dengan platform e-commerce lainnya di Indonesia,” ujar Victor mengklaim.

Victor menambahkan kepuasan pelanggan ini tak lepas dari komitmen dalam menerapkan 5 value utama yaitu: One-Stop Service; On Time Delivery; Free Delivery-no MOQ; Easy to Search Easy to Buy; dan Technical Support.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved