Strategi PT Kemenangan Jajaki Industri Air Minum

PT Kemenangan telah mengibarkan benderanya sejak tahun 1954 dengan menjual barang-barang meteorologi dan geofisika. Sejak tahun 1990, perusahaan tersebut mulai melebarkan sayapnya ke produk pelayaran mulai dari steel buoy hingga polyethylene buoy. Produk-produk tersebut dipasarkan dengan merek Keman.

Tahun 2015, perseroan mulai memproduksi selang PVC, beberapa di antaranya selang air, selang taman, dan selang kompresor. Selang PVC ini dipasarkan dengan merek KemanFlex yang diproduksi dengan teknologi Jepang. Saat ini, perusahan kembali berinovasi dengan meuluncurkan produk kapal plastik yang dibuat dengan bahan polyethylene. “Produk Keman rubber hose dan PVC hose dengan merek KemanFlex sangat bermanfaat untuk industri air minum. Demikian pula Keman PE Float ataupun Keman Trash Boom yang dapat bermanfaat di industri air minum,” ujar Direktur Operasional PT Kemenangan, Imanuel Masman.

Untuk terus menjaga dan mengembangkan pasar, pihaknya mengatakan akan mengembangkan produk yang sudah ada serta melakukan inovasi dengan meluncurkan produk baru. Strategi lainnya adalah melihat pasar dan mengembangkan produk baru yang mungkin masih ada kaitan dengan industri ataupun material yang dipakai saat ini.

Sementara untuk research and development (R&D), perusahaan melakukan investasi untuk mengembangkan laboratorium, peralatan test, dan software analisis. “Kami memiliki Thermogravimetric Analysis dan Rubber Processing Analysis yang hanya dimiliki oleh ebberapa perusahaan saja di Indoensia," ujar arnya. Untuk software, menurutnya, Kemenangan memiliki perangkat untuk menghitung dan membuat simulasi finite element method analysis.

Dalam industri penyediaan Air Minum (SPAM) perusahaan memproduksi rubber hose dan rubber diafragma yang saat ini sudah disupplai untuk perusahaan air minum dan limbah di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) sejak tahun 2005. “Kami melihat ini adalah sektor yang mempunyai prospek yang sangat baik,” ungkapnya. Ia menambahkan, di masa pendami Covid-19, ia bersyukur karena pendapatan dan laba perusahaan masih meningkat, setara dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya berharap dapat memasarkan produk- produk yang lebih banyak, terutama bagi sektor air minum. Harapan Imanuel lainnya adalah produk-produk yang dihasilkan perusahaannya selain dari rubber hose juga dapat dipakai di sektor tersebut, seperti trash boom, PE float, PE boat, expansion joint, rubber diafragma, accelerograph, dan produk baru lainnya.

Saat ini, Kemenangan telah memiliki pabrik di Cileungsi, Bogor. Sedangkan untuk produk tertentu, perseroan memiliki distributor di Balikpapan, Surabaya, dan Bangka. “Pabrik kami yang tadinya hanya memiliki satu gedung, sekarang menjadi delapan gedung produksi. Itu belum termasuk gedung-gedung kantor, ruang meeting, dan mess karyawan,” kata dia menambahkan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)