Strategy

Strategi Sika Tumbuh Dua Digit Sepanjang Pandemi

Strategi Sika Tumbuh Dua Digit Sepanjang Pandemi

Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak pelaku bisnis harus menghadapi kondisi berat menjaga kinerja bisnis mereka. Ada yang harus memangkas tenaga kerja bahkan ada juga yang harus gulung tikar. Namun tidak demikian dengan Sika Indonesia (Sika), perusahaan bahan kimia untuk konstruksi dan industri.

Sika, perusahaan asal Swiss berhasil menjaga kinerja penjualannya tetap stabil, bahkan meningkat sepanjang pandemi. Pertumbuhan bisnis Sika tercatat double digit growth. Capaian ini berkat strategi baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar di masa pandemi, seperti memaksimalkan kegiatan promosi melalui digital yang ditujukan langsung ke end user.

Untuk itu, Sika ingin memberi apresiasi atas loyalitas para pelanggan, terutama untuk kontraktor, mandor dan pekerja konstruksi, Sika Indonesia mengadakan loyalty program yaktu Sika Bagi Rejeki untuk produk SikaTop 107 Seal dan Sika LebihUntung untuk Sikamur 130 Thinbed. Loyalty program berupa kode unik yang tertera di produk SikaTop 107 Seal dan Sikamur130 Thinbed. Pelanggan mengirimkan kode unik dengan format tertentu ke nomor WhatsApp 0813-2002-0075. Tersedia hadiah total ratusan juta rupiah untuk puluhan ribu pemenang, mulai dari voucher belanja elektrik hingga hadiah utama logam mulia dan sepeda motor.

“Masa pandemi kemarin merupakan masa yang berat bagi kitasemua, namun Sika Indonesia bersyukur mampu mempertahankan tingkat penjualan. Program ini merupakan salah satu strategi kami untuk mempertahankan pelanggan setia, bahkan merangkul pelanggan baru. Selain itu, kami berharap program ini mampu meningkatkan omzet penjualan produk SikaTop 107 Seal dan Sikamur 130 Thinbed,” ungkap Channel Distribution & TM Building Finishing Manager Sika Basuki Setiawan.

Basuki menambahkan, secara global Sika menegaskan target strategis untuk kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan dan pertumbuhan yang menguntungkan dengan enam pilar strategis yaitu penetrasi pasar, inovasi, efisiensi operasional, akuisisi, nilaiperusahaan yang kuat, dan keberlanjutan.

“Sika memiliki komitmen jangka panjang dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Kami hadir di Indonesia sejak tahun 1960-an dengan pabrik pertamanya di Cileungsi, Bogor, kemudian pada tahun 2013 membuka pabrik kedua di Gresik, Jawa Timur, dan di tahun 2019 lalu membuka pabrik ketiga di Bekasi yang memiliki kapasitas produksi mencapai 450.000 ton mortar per tahun,” terang Basuki.

Lini produk Sika telah dirancang untuk menangani berbagai proyek seperti membran atap berkualitas tinggi, material campuran beton, mortar khusus, sealant dan perekat, perbaikandan perkuatan struktur bangunan, lapisan pelindung waterproofing, sistem lantai industri dan komersial dan sistem waterproofing.

“Kami sangat mengutamakan kualitas produk dan kepuasan para pelanggan kami, seperti kontraktor, mandor, para pekerja konstruksi. Bagi kami, loyalitas mereka adalah yang terpenting. Dengan adanya program ini kami berharap dapat memberikan warna baru dan banyak pelanggan yang dapat meraih puluhan ribuhadiah dari Sika,” kata Basuki. Maka itu produk Sika ini sudah diterapkan dengan sukses dengan kondisi yang memiliki tantangan yang berbeda-beda dan kompleks.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

# Tag


    © 2023-2024 SWA Media Inc.

    All Right Reserved