Strategy

Strategi Uniqlo Tetap Tumbuh 10 Tahun di Pasar Indonesia

Ketika toko perdana Uniqlo hadir di Lotte Shopping Avenue, Ciputra Mall World 1 Jakarta pada 23 Mei 2013, konsumen menyambut sangat gembira. Uniqlo adalah merek fasyen Jepang yang kini memasuki usai 10 tahun berada di pasar Indonesia.

Sejak membuka toko pertamanya, Uniqlo agresif ekspansi ke berbagai kota di Indonesia hingga kini ada 62 toko. Bahkan bulan ini akan menambah toko ke-63 di Mall Ciputra Tangerang pada 19 Mei 2023. Serta toko ke-64 juga dengan konsep terbaru yang berbeda dari toko Uniqlo lainnya, di One District at Puri, Tangerang dan dibuka pada 26 Mei 2023 mendatang.

Lalu, apa kunci Uniqlo terus bertumbuh di Indoneaia? Marketing Manager Uniqlo Indonesia Lisqia Lalantika menjelaskan, strategi pertama, akses produk yang mudah dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Koleksi LifeWear yang nyaman dan berkualitas bukan saja bisa dibeli di toko, juga bisa dibeli di web dan aplikasi Uniqlo.com. Layanan pembelian daring ini bisa dinikmati konsumen sejak September 2021.Kedua, koleksi-koleksinya menjawab kebutuhan masyarakat, bukan saja dari segi desain, juga ukuran pakaian. Kini Uniqlo menghadirkan rentang ukuran yang lebih luas dari XS hingga 3XL.

Ketiga, filosofi LifeWear juga menjadi kekuatan strategi Uniqlo, yang menghadirkan pakaian bukan sekadar fasyen, tapi juga menjadikan hidup semua orang lebih baik. Fiilosofi ini mengambil pendekatan untuk tidak hanya menekankan pada kualitas, desain, dan harga, tetapi juga memenuhi definisi”pakaian yang baik” dari sudut pandang lingkungan, orang, dan masyarakat. Keempat, koleksi Uniqlo menemani aktivitas semua kalangan, baik itu laki-laki, perempuan hingga anak-anak, dari bangun hingga tidurkembali serta untuk aktivitas yang padat hingga sekadar bersantai.

Kelima, menghadirkan teknologi di setiap koleksi Uniqlo merupakan upaya merek ini terus berinovasi. Dengan begitu Uniqlo bisa menghadirkan pakaian yang dapat menunjang aktivitas masyarakat sepanjang hari dengan kenyamanan terbaik. AIRism, salah satunya, sekaranh menjadi koleksi favorit masyarakat Indonesia yang berada di iklim tropis. Karena dikenal nyaman dan adem jika digunakan, yang hadir dalam bentuk innerwear, T-shirt, kemeja dan blouse, serta sleepwear.

Koleksi Uniqlo AIRism dikenal memiliki kemampuan menyerap dan melepaskan kelembaban dengan cepat namun tetap sejuk saatdisentuh kulit, teknologi Heatech untuk menjaga kehangatan tubuh baik di dalam maupun di luar ruangan. Selain itu Uniqlo dengan teknologi yang dikembangkan, Uniqlo bisa menghadirkan koleksi jaket UV protection dengan UPF50+ yang memberikan perlindungan ekstra agar terhindar dari polusi dan sinar UV yang berlebihan.

Dalam rangka merayakan 10 tahun kehadiran Uniqlo di pasar Indonesia, ada special offers mulai dari harga Rp 129 ribu untuk berbagai koleksi LifeWear esensial. Bentuk apresiasi atas dukungan dari pelanggan setia Uniqlo bukan hanya itu saja, ada tote bag spesial terbatas dengan desain yang mengingatkan pada perjalanan Uniqlo selama 10 tahun di Indonesia.

Selain itu, pelanggan bisa mendapatkan Uniqlo T-Shirt atau UT edisi terbatas yang terinspirasi dari karakter Disney favorit Mickey Mouse dengan desain-desain lokal yang spesial dan unik. Misalnya Mickey Mouse mengenakan pakaian tradisional Bali dan Madura untuk merepresentasikan budaya Indonesia sebagai wujud Uniqlo lebih dekat dengan pelanggan setianya di Indonesia.

T Uniqlo juga meluncurkan koleksi UTme! yang berkolaborasi dengan merek lokal ternama yang menjadi bagian erat dari masyarakat Indonesia, yaitu Gojek, Indomie, dan Tolak Angin, yang berkontribusi untuk membuat kehidupan masyarakat Indonesia lebih baik, melalui produk dengan bahan dan layanan berkualitas terbaik

UTme! adalah layanan kustomisasi t-shirt dan tote bag yang dibuat oleh para pelanggan sendiri dengan menggabungkan foto , gambar, dan teks untuk membuat desain original masingmasing untuk dicetak di toko dan hasilnya dapat langsungdibawa pulang. Untuk UTme! spesial kolaborasi dengan ketiga merek lokal tersebut, Uniqlo menyediakan desain limited pre-print. Tapi ini hanya bisa didapatkan di Uniqlo Pondok Indah Mall 3 Jakarta, Uniqlo One District at Puri, dan Uniqlo.com.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved