Strategy

TokoTalk Sodorkan Strategi Bangun Bisnis secara Mandiri

TokoTalk Sodorkan Strategi Bangun Bisnis secara Mandiri

Sebagai rangkaian dari kegiatan peluncuran TokoTalk Business Academy E-learning Website untuk mendorong pertumbuhan bisnis merchant online yang sudah dimulai dari Maret 2022, TokoTalk menyelenggarakan acara peluncuran e-learning virtual bertajuk ‘Strategi Bangun Bisnis secara Mandiri’ (14/04/2022).

Beberapa pembicara seperti Nicholas Saputra (aktor, produser film, dan aktivis), Tyo Guritno (CEO dan Co-founder Inspigo.id), serta Yoanita Simanjuntak (VP Business Strategy TokoTalk) berbagi pengalaman dan inspirasi seputar bagaimana cara memulai bisnis online hingga sukses.

TokoTalk Business Academy adalah program terbaru dari TokoTalk—platform solusi e-commerce terlengkap di Indonesia—yang menyediakan kurikulum bisnis lengkap untuk publik dengan metode gamification. Bekerja sama dengan Inspigo untuk mengoptimalkan edukasi bisnis dengan kurikulum berkualitas tinggi yang disusun oleh ahli bisnis bersertifikasi dan pelaku bisnis berpengalaman. Belajar bisnis supaya menjadi individu yang mandiri dan penuh semangat. Bukan hanya untuk menumbuhkan perekonomian, tapi juga berkarya dan mengubah hidup menjadi lebih sejahtera. Tujuan dari dibangunnya platform e-learning ini juga untuk saling berbagi tips marketing jitu dalam mendorong kesuksesan bisnis maupun brand secara online.

Yoanita mengatakan bahwa TokoTalk telah mengumpulkan insights dari tiga webinar sebelumnya hingga akhirnya memutuskan membuat website e-learning. Berdasarkan hasil survei tersebut, disimpulkan bahwa pelaku bisnis memiliki tantangan sangat beragam, tergantung pada skala bisnis mereka. Meskipun banyak sekali informasi atau materi edukasi online, namun merchants kesulitan menemukan yang relevan dengan tantangan bisnis spesifik mereka. Selain itu, tidak semua materi yang tersedia ditulis oleh sumber yang kredibel atau relevan dengan konteks Indonesia.

Yoanita yang biasa disapa Jojo juga menambahkan bahwa TokoTalk ingin menghadirkan one source of truth yang disiapkan dengan matang oleh para ahli bisnis bersertifikasi dan pelaku bisnis yang sudah merasakan jatuh bangun berjualan online, sehingga siapa pun bisa memulai bisnis maupun mengembangkan bisnisnya secara mandiri–dalam misi mendemokratisasi e-commerce di Indonesia.

“Sebagai end-to-end e-commerce solution terlengkap di Indonesia, kita tidak bisa jadi yang terlengkap atau benar-benar end-to-end bila tidak turut menyediakan sarana edukasi untuk menambah ilmu bisnis, marketing, dan finansial agar dapat terus bertumbuh,” kata Yoanita.TokoTalk juga berkomitmen untuk menjadi growth partner untuk para pelaku bisnis online Indonesia. Sejalan dengan misi tersebut, Tyo Guritno juga percaya bahwa masih banyak orang yang punya kemauan untuk belajar dan berkembang, hanya saja tidak tahu bagaimana mencari sarana yang tepat untuk mendukung proses pembelajarannya.

“TokoTalk sebagai seamless connector, tidak hanya menyediakan fitur-fitur yang membantu journey jualan online secara end-to-end dari set up storefront sampa logistik dan pembayaran, tetapi juga sangat serius menjadi mitra para merchant yang mungkin masih berjuang susah payah di early stage, maupun mereka yang sudah memiliki produksi massal dan membutuhkan solusi-solusi yang sophisticated. Semakin besar skala bisnisnya, akan semakin beragam tantangannya,“ ujar Tyo.

Sementara Nicholas Saputra sebagai aktor cerdas dan kompetitif juga mengakui keseriusan TokoTalk Business Academy dalam memfasilitasi materi edukasi untuk siapa saja yang mau belajar mengembangkan bisnis. “Menyajikan materi bisnis sesuai dengan tingkatan bisnis, tentu akan mempermudah para pelaku usaha atau merchant yang sudah bergabung untuk menerapkan materi yang sesuai,” kata aktor sekaligus produser film tersebut.

TokoTalk Business Academy dibangun untuk menjadi mitra belajar pelaku bisnis online sehingga mereka dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka di ekosistem mana pun secara mandiri. TokoTalk—didukung oleh perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Codebrick—sangat serius dalam menjadi mitra para pelaku usaha (merchant) sepanjang perjalanan ini (sejak 2018), dan berusaha untuk terus memberikan wawasan strategis yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan bisnis para pelaku usaha.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved