Marketing Strategy

Transaksi IIMS 2016 Capai Rp2,2 Triliun

Transaksi IIMS 2016 Capai Rp2,2 Triliun

Dalam kurun waktu 11 hari penyelenggaraan di JIEexpo Kemayoran, Jakarta, 7-17 April, Indonesia International Motor Show (IIMS) menggaet jumlah pengunjung 454.178 orang. Sementara nilai transaksi yang tadinya ditarget Rp 2 triliun ternyata maik tipis menjadi Rp 2,27 triliun.

Angka transaksi itu diperoleh dari penjualan kendaraan bermotor sebanyak 8.704 kendaraan, terdiri dari 8.156 unit kendaraan roda empat dan 548 sepeda motor.

IIMS 2016

Dari data penjualan tiket masuk yang direkap Dyandra Promosindo selaku pemilik event, puncak kepadatan IIMS terjadi pada Sabtu (16/4) dengan catatan 60.348 tiket terjual. Angka tertinggi berikutnya disusul pengunjung pada Minggu (10/4) dengan jumlah 56.788 pengunjung.

Di luar dugaan, hari terakhir (Minggu, 17/4) yang biasanya menjadi puncak kepadatan justru mendatangkan pengunjung sebanyak 53.379 orang. Faktor cuaca ditengarai penjadi penyebabnya, karena wilayah Jabodetabek saat itu diguyur hujan lebat sejak siang hari. Termasuk di area pameran.

“Banyak hal tak terduga justru terjadi, betul-betul blessing in disguise. Terutama antusiasme peserta pameran yang lebih banyak serta lonjakan pengunjung,” kata Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo.

Ia menambahkan, IIMS 2016 menampilkan lebih dari 50 merek kendaraan bermotor yang memamerkan 310 jenis kendaraan roda empat dan 264 jenis kendaraan roda dua. Peserta lainnya adalah kalangan industri dan bisnis komponen yang terdiri dari ribuan item produk, mulai dari karpet dan alat-alat pembersih kendaraan, kaca film, audio, knalpot, sampai jasa customize kelas atas. Semuanya didukung oleh supporting event di berbagai sektor sesuai konsep The Essence of Motor Show yang sejak tahun lalu diusung Dyandra.

Untuk penyelenggaraan tahun depan yang sudah terjadwal pada 27 April – 7 Mei 2017, Hendra menegaskan kalau konsep tersebut akan dipertahankan. Tentunya dengan penguatan di beberapa titik tertentu berdasarkan evaluasi tahun ini. Ia yakin, konsep yang memadukan seluruh elemen dan budaya otomotif itu adalah salah satu kunci sukses penyelenggaraan IIMS 2016.

“Tahun depan IIMS sudah punya jadwal pasti di JIExpo Kemayoran yang puluhan tahun ini sudah tertanam imejnya sebagai trade mark pameran internasional. Sudah dipastikan seluruh hall digunakan untuk IIMS 2017. Dengan begitu, area outdoor-nya bisa dimaksimalkan untuk perluasan konsep The Essence of Motor Show. Acara pendukungnya lebih banyak dan dalam setahun ini kami punya waktu untuk menyusun konsep baru peningkatan kualitasnya,” kata Hendra. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved