TÜV Rheinland Buka Lab Pengujian Ban di Indonesia

Berdasarkan laporan dari Frost and Sullivan di pertengahan Agustus 2015, diprediksikan Indonesia akan menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN pada 2009 nanti dengan total 2.3 juta kendaraan, mengikuti pertumbuhan kelas menengah, meningkatnya investasi di sektor otomotif, dan peraturan yang terus mendukung pertumbuhan pasar. Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, mengatakan, meski mereka belum nenentukan target penjualan mobil tahun 2016 ini, tapi optimis penjualan bisa mencapai 1,1 juta unit tahun ini.

Dengan tujuan memastikan kualitas manufaktur ban dan meningkatkan keamanan jalan raya, TÜV Rheinland membuka laboratorium pengujian ban independen pertama di Indonesia. Berlokasi di Taman Tekno BSD City, Tangerang Selatan, lab seluas 530 meter persegi ini disertifikasi penuh oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) Indonesia dan berkualifikasi untuk menguji ban mobil penumpang, truk, bis, dan motor untuk memenuhi standar nasional serta internasional.

tuv

Pembukaan lab ini bertepatan dengan kondisi penjualan mobil di Indonesia yang diprediksi akan meningkat hingga 10% menjadi 1,1 juta kendaraan di tahun 2016. Fasilitas ini akan mendukung target Kementerian Perindustrian Indonesia untuk mendorong daya saing industri melalui peningkatan standarisasi, dan juga target Kementerian Perhubungan untuk mengurangi angka kecelakaan.

“Tumbuhnya populasi konsumen di Indonesia membuat konsumen menginginkan transportasi yang cepat, terpercaya, dan terutama, aman. Sebagai penyedia layanan teknis internasional independen laboratorium pengujian ban dari TÜV Rheinland akan mendukung permintaan tersebut, sementara memenuhi kebutuhan pelanggan akan kualtias dan keselamatan, baik di dalam negeri, antar wilayah, maupun di seluruh dunia,” kata I Nyoman Susila, Managing Director TÜV Rheinland Indonesia.

Laboratorium pengujian ban ini adalah bagian dari strategi global TÜV Rheinland untuk tahun 2016-2020, untuk memperluas jaringan di lebih dari 69 negara dan berinvestasi di pasar-pasar berpotensi lainnya. Tujuannya adalah mendukung pelanggan secara simultan dan menjadikan TÜV Rheinland agar dikenal sebagai praktik laboratorium terbaik. Lab ini didukung oleh tim ahli yang menawarkan layanan pengujian serta persetujuan dan sudah melayani klien dari 16 negara serta mengeluarkan 200 sertifikat SNI untuk ban. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)