Wow, Penjualan Grup Bata Hingga Maret 2016 Tumbuh 103 Persen

Ratna Banse (Merchandising Manager) dan Zaki Albiansyah (Marketing Manager) Bata Ratna Banse (Merchandising Manager) dan Zaki Albiansyah (Marketing Manager) Bata

Memasuki tahun 2016 banyak pemain di bisnis fashion mengalami sesak nafas. Penjualan mereka turun  karena terkena imbas melambatnya ekonomi Indonesia. Tidak banyak pemain yang mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Meski gelaran fashion show lumayan marak belakangan di sini.

Namun, Grup Bata salah satu pengecualian di sini. Menurut Ratna Banse, Marchandising Manager PT Sepatu Bata Tbk, penjualan perusahaan ini justru meningkat. Penjualan dari Januari hingga Maret 2016 naik sebesar 103 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal ini disampaikan Ratna selepas acara Fashionastic di Atrium Pondok Indah Mal 2, Jakarta  Selatan. Bata dan Marie Claire untuk pertama kalinya ikut dalam event fashion show yang telah digelar selama 8 kali itu.

Ditambahkan Zaki Albiansyah, Manajer Pemasaran Sepatu  Bata, peningkatan penjualan tersebut tidak lain karena pihaknya selalu fokus pada kebutuhan pasar. “Kelebihan kami pada value for money, jadi produk yang ada di Grup Bata sesuai harga dengan kualitasnya,” ujar Zaki. Ratna menjelaskan, strategi Sepatu Bata yang komplit menyediakan desain dan jenis produk membuat produknya menjadi pilihan. Saat ini,  selain merek Bata, di bawah grup ini ada merek B-First, North Star, Naturalizer, Bubblegummers, Weinbrenner, Merie Claire, Mocassino, Power, Nike, Patapata, Sandak, Sundrops, Bata Comfit, Bata Ambassador dan Bata Industrials.

Koleksi Bata makin komplit dengan merek-merek luar yang kini distribusinya dipegang grup ini seperti Nike dan Naturalizer. “Per Januari tahun ini kami mendapat hak eksklusif  sebagai distributor Naturalizer, merek sepatu asal Amerika yang sudah ada di sana sejak 1927,” ujarnya.

Fashiontastic 2016 Fashiontastic 2016

Pihaknya juga merasa penting lebih dekat dengan pelanggannya. Maka itu Bata Club diluncurkan sejak tahun lalu, menjadi strategi baru perusahaan ini untuk engage pelanggannya. “Jadi dengan club member ini, pelanggan bisa diinfokan model terbaru dan promo diskon yang sedang digelar di toko-toko Bata maupun Marie Claire. Dan pelanggan bisa redeem poin dari situ untuk ditukarkan,” jelasnya. Saat ini baru Bata Club baru bisa dibuat di 150 toko Bata dan Marie Claire yang ada di Jabodetabek, dari total 538 toko di seluruh Indonesia. Secara bertahap Bata Club akan ada di seluruh Indonesia.

“Bata sangat memahami kebutuhan pasar, untuk remaja dan pelanggan muda, North Star jadi pilihan pasar saat ini,” ujar Ratna. Koleksi Grup Bata memenuhi kebutuhan mulai dari bayi hingga usia lanjut, wanita maupun pria koleksinya lengkap. Mengikuti berbagai gelaran fashion show juga salah satu langkah komunikasi yang intens dengan konsumen. Fashiontastic 2016 salah satunya. Di gelaran ini, menurut Ratna,  pihaknya menggelar koleksi Bata dan Merie Clare terutama koleksi ready-to-wear—new collection  dengan tema “Days to Shine”.

Selain sepatu dan sandal, Sepatu Bata juga memiliki produk aksesoris, seperti seperti sepatu, tas, aksesoris dan lain sebagainya. Dalam acara Fashiontastic ini, pihaknya juga menampilkan model terbaru aksesoris yang dimiliki Grup Bata. "Ini adalah kali pertama Bata dan Marie Claire ikut dalam acara Fashiontastic. Dan diacara ini kami mengeluarkan 32 sepatu koleksi terbaru kami," imbuh Zaki. Koleksi sepatu terbaru Bata dan Marie Claire yang ditampilkan dalam fashion show tersebut merupakan koleksi spring -summer 2016.

"Kami menghadirkan berbagai koleksi sepatu terbaru laki-laki dan perempuan. Kami berharap setiap tahun bisa mengikuti acara fashion ini," tambahnya. Fashiontastic 2016 sendiri berlangsung dari tanggal 7 - 17 April 2016 dan diikuti oleh lebih dari 50 brand lokal dan juga brand internasional dari fashion store yang ada di Pondok Indah Mall.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)