Strategy

Zyllem Merambah ke Pasar Indonesia

Zyllem Merambah ke Pasar Indonesia

Menukil laporan Google, e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan GMV (Gross Merchandise Value) sebesar 52% dari US$35 miliar pada 2020 menjadi US$53 miliar pada 2021. Sedangkan, sektor logistik dan transportasi memiliki peluang pasar senilai US$81,3. Namun, peluang tersebut masih bisa terus digencarkan lagi, karena masih terbukanya peluang dan tingginya permintaan pasar.

Melihat potensi tersebut, Zyllem, perusahaan SaaS (Software as a Service) di bidang logistik melakukan ekspansi ke pasar e-commerce di Indonesia. Sistem ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola dan mengoperasikan seluruh jaringan distribusi logistik secara efisien, mudah, dan transparan. “Ekonomi digital Asia Tenggara telah didorong oleh pesatnya digitalisasi baik dari konsumen maupun pelaku usaha dan perkembangan ini belum pernah terjadi sebelum pandemi,” kata Lisa Nguyen, Chief Operations Officer dan Co-founder Zyllem.

Namun, Lisa mengatakan, Indonesia masih menduduki peringkat sebagai salah satu negara dengan biaya logistik tertinggi di Asia. Hal tersebut menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Zyllem. Indonesia memiliki tantangan terkait proses pengiriman logistik dikarenakan kondisi geografis yang membuat bergantung kepada transportasi laut untuk pengiriman domestik dan internasional.

Berbagai perusahaan juga masih bergantung pada sistem distribusi multimoda yang jauh lebih rumit. Keadaan infrastruktur yang masih buruk dan bencana alam juga membuat perencanaan logistik menjadi tugas besar bagi setiap perusahaan. Hal tersebut menjadikan pesatnya perkembangan industri e-commerce semakin membutuhkan ekosistem yang cepat dan efisien guna mendukung kelancaran operasionalnya.

“Melalui solusi tersebut, Zyllem dapat mengurangi waktu perencanaan hingga 85% dan memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas hingga 30% per hari,” ujar Joanna Pawluczuk, Head of Sales Zyllem menambahkan. Teknologi tersebut juga dapat melacak secara real time, sehingga dapat mengurangi keluhan pelanggan.

Sejak didirikan pada tahun 2014, Zyllem telah bekerja sama dengan berbagai sektor usaha seperti F&B, farmasi, logistik, dan ritel. Saat ini, platfom telah beroperasi di delapan negara di Asia mengelola dua juta pesanan setiap bulannya. 60% dari dua juta pesanan tersebut berasal dari Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved