Lima Tips Whatsapp Meningkatkan Penjualan Selama Bulan Ramadan | SWA.co.id

Lima Tips Whatsapp Meningkatkan Penjualan Selama Bulan Ramadan

Whatsapp membagi tips menjaga penjualan selama Ramadan dengan Whatsapp Bisnis. (Dok. WA)

Menjelang bulan Ramadan, para pelaku bisnis mulai mencari cara untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan dengan lancar serta selalu terhubung dengan para pelanggan. Salah satu sarana yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah Whatsapp Bisnis.

Berikut ini 5 strategi untuk terus meningkatkan penjualan dan memastikan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar menggunakan Whatsapp

1. Membangun pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan 

Bagi pelaku bisnis kecil di Indonesia, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari aktivitas mereka sehari-hari. Mereka dapat menggunakan WhatsApp sebagai situs web dan konter toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan mendorong tingkat penjualan jadi pemilik bisnis harus siap ketika pelanggan datang. 

Sebagai contoh, pebisnis dapat memperbarui informasi jam kerja di profil bisnis pada aplikasi WhatsApp Business untuk memberitahukan bahwa usaha tetap buka selama bulan Ramadan, terutama jika jam operasional berbeda dari biasanya. Bisa juga mengirim pesan untuk menyampaikan kepada pelanggan ketika toko sedang tidak bisa dihubungi karena sedang shalat subuh atau Maghrib.

2. Membuat pelanggan lebih terhubung dengan bisnis

Mengirim pesan yang dipersonalisasi menciptakan koneksi dan meningkatkan relevansi pesan, mengarahkan pengguna menggunakan tombol balasan cepat, list, call to action. Menggunakan pesan produk dengan keranjang dan pilihan produk adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh berbagai bisnis untuk menciptakan pengalaman interaktif yang meningkatkan keterikatan dan kualitas. 

Jika toko memiliki produk, penawaran, atau promosi khusus selama bulan Ramadan, ada baiknya Anda menyorotnya di katalog. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka beli.

3. Menarik pelanggan baru 

Untuk usaha kecil, menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Setelah berhasil menawarkan pengalaman yang berharga kepada pelanggan, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang untuk mengunjungi kanal WhatsApp bisnis Anda.

Tambahkan kode QR ke etalase, situs web, kemasan produk, dan materi pemasaran Anda agar dapat dengan mudah dipindai dan ditautkan ke WhatsApp. Kode QR dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis → Pintasan. Anda juga dapat dengan mudah berbagi kode QR dengan orang lain melalui aplikasi.

4. Meningkatkan kunjungan dari media sosial 

Banyak pelaku bisnis kecil dan menengah yang kini hadir di Instagram dan Facebook. Menggunakan Alat Bantu Bisnis,pemilik bisnis dapat menambahkan tombol WhatsApp ke akun Facebook atau Instagram sehingga ketika pelanggan mengklik tombol tersebut, percakapan di aplikasi WhatsApp bisnis akan segera dimulai. 

Hal tersebut akan memungkinkan pelanggan yang menjelajahi toko di platform tersebut untuk memulai percakapan dengan Anda di WhatsApp, mengajukan pertanyaan, atau melakukan pemesanan dengan mudah. Untuk menemukan pelanggan baru, Anda bisa membuat iklan Facebook dan Instagram yang ketika diklik akan membuka percakapan WhatsApp. Iklan ini merupakan cara yang sangat efektif dan ampuh untuk menarik pelanggan baru dan memudahkan mereka untuk berkirim pesan dengan bisnis Anda.

5. Pastikan bisnis tetap terorganisir dengan baik

Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat menyibukkan bagi berbagai bisnis, terutama karena sebagian besar aktivitas perdagangan terkonsentrasi hanya dalam beberapa jam dalam sehari. Mengingat potensi arus percakapan dari pelanggan baru, sangat penting untuk menjaga bisnis dan percakapan Anda agar tetap terorganisir. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan koleksi katalog untuk mengelompokkan dan mengatur produk Anda ke dalam kategori tertentu sehingga memudahkan pelanggan untuk menelusuri produk Anda. Untuk melacak percakapan, tandai percakapan tertentu dengan deskripsi yang dapat disesuaikan untuk melacak hal-hal seperti pembayaran yang tertunda, pelanggan baru, dll.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)