4 Bandara Destinasi Firefly di Indonesia

Kalau Indonesia punya Citilink dari maskapai Garuda Indonesia, maka Malaysia dengan Malaysia Airlines-nya punya “produk” yang serupa bernama Firefly. Maskapai yang sejatinya bersaing dengan Air Asia ini, didirikan pada April 2007 dan mengawali penerbangan perdananya dari Penang ke Kota Bharu. Di Malaysia sendiri, Firefly diklaim sebagai Maskapai Penerbangan Komunitas pertama di Negeri Jiran tersebut.

Firefly Firefly

Maskapai ini juga melakukan kerjasama dengan sebuah waralaba asal Amerika Serikat yaitu Circle K, dalam menyediakan menu makanan siap saji yang dibolehkan untuk dibawa ke dalam pesawat. Program yang bernama Firefly Express Meal ini tersedia dalam empat varian menu berupa nasi lemak ayam goreng, spaghetti mamak style, chicken rice, dan spaghetti bolognese. Tujuannya adalah untuk menciptakan rasa Malaysia di udara.

Lalu bagaimana di Indonesia? Maskapai Firefly melayani penerbangan ke beberapa kota di Malaysia dari Indonesia melalui empat bandara yang semuanya berada di Pulau Sumatra. Bandara-bandara tersebut antara lain adalah Bandara Sutan Iskandar Muda di Aceh, Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekan Baru, Bandara Kuala Namu di Medan, dan Bandara Hang Nadim di Batam.

Bandara Sutan Iskandar Muda

Bandara yang sempat menjadi basis pengiriman bantuan obat-obatan pasca gempa bumi dan tsunami tahun 2004 silam ini, melayani penerbangan maskapai Firefly dari dan menuju Penang, Malaysia.

Salah satu yang menjadi kehebatan dari maskapai ini adalah ketika meluncurkan sebuah layanan khusus berupa program wisata kesehatan. Bekerjasama dengan Institut Jantung Negara (IJN) di Malaysia, paket ini meliputi tiket pesawat, layanan penjemputan, hotel, sampai dengan pemeriksaan lengkap jantung di IJN Malaysia.

Paket ini menjadi pilihan masyarakat di kawasan tersebut, lantaran jaraknya yang lebih dekat ketimbang berobat menuju Jakarta.

Bandara Kuala Namu

Bandara yang menempati posisi ke-5 sebagai bandara tersibuk di Indonesia ini, melayani penerbangan maskapai Firefly dari Medan menuju Kuala Lumpur Subang serta Medan menuju Penang dan sebaliknya.

Hampir bersamaan dengan pemindahan layanan penerbangan komersial di Medan dari Bandara Polonia ke Bandara Kuala Namu, maskapai ini juga membuka CTO atau kantor penjualan tiketnya di kota ini pada September 2013 lalu.

Hal ini dilakukan untuk makin memudahkan pengguna jasa maskapai ini di Kota Medan, baik untuk perjalanan bisnis maupun lalu lintas wisata.

Bandara Internasional Hang Nadim

Bandara di Kota Batam yang melayani rute seperti dari Batam menuju Subang Kuala Lumpur dan sebaliknya ini, mendapat respon cukup baik. Terlihat dari jadwal penerbangannya yang mencapai empat kali dalam sepekan.

Seluruh penerbangan yang dilayani oleh Firefly di bandara ini, menggunakan pesawat jenis ATR 72-500 pabrikan Italia-Perancis, yang merupakan pesawat penumpang regional jarak pendek dengan mengandalkan mesin turbo-twinprop.

Dengan kondisi landasan pacu sepanjang 4025 meter milik Bandara Hang Nadim, yang juga merupakan landasan pacu terpanjang di Indonesia, pesawat jenis ini setidaknya harus membutuhkan sekitar 1400 meter landasan pacu untuk bisa melakukan take-off maupun landing.

Bandara Sultan Syarif Kasim II

Diambil dari nama salah satu pahlawan nasional asal Riau, Bandara Sultan Syarif Kasim II ini melayani penerbangan maskapai Firefly tiga kali dalam sepekan, yakni setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Rute yang dilayani adalah Pekan Baru-Johor Baru dan sebaliknya serta Pekan Baru-Subang dan sebaliknya. Dengan durasi penerbangan yang hanya memakan waktu sekitar 20 menit, akan sangat membantu para pengguna jasanya untuk menghemat waktunya.

Bandara yang sebelumnya bernama Bandara Simpang Tiga ini, selain melayani penerbangan komersial juga merupakan homebase Skuadron Udara TNI Angakatan Udara Indonesia.

Bila tertarik untuk mencoba maskapai ini, tiketnya bisa di pesan secara online, silahkan kunjungi halaman berikut: http://www.traveloka.com/firefly

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)