4 Jurus Jitu Menangkis Dampak Jet Lag

Buat para traveller yang kerap bepergian jauh dan melintasi beberapa zona waktu, pasti mengalami kondisi yang capek banget, susah tidur, linglung, susah konsentrasi, bahkan kehilangan selera makan dan diare. Itu yang dinamakan gejala jet lag atau pengar udara.

Bagaimana tidak, ketika bepergian melintasi beberapa zona waktu, otak dan tubuh mulai kebingungan dengan pengalaman aneh: seharusnya siang tapi kok gelap? Seharusnya malam tapi kok ada matahari? Jam tubuh keluar dari irama yang biasa. Akibatnya, ritme produksi hormon metabolisme dan perubahan suhu tubuh oleh otak jadi berantakan.

Selain masalah jam tubuh, usia, makanan dan minuman yang dimakan, serta kondisi stres juga menambah parahnya gejala jet lag. Gejala jet lag tidak bisa dihindari saat perjalanan jauh melintasi banyak zona waktu yang berbeda; yang bisa kita lakukan adalah mengurangi dampaknya.

  1. Usahakan untuk beraktivitas sesuai zona waktu yang baru. Terutama saat-saat tidur, makan, dan aktivitas rutin lainnya. Biarkan otak dan tubuh mulai terbiasa dengan ritme jam tubuh yang baru, sehingga metabolisme bisa menyesuaikan lagi.
  1. Konsumsi melatonin. Melatonin adalah hormon yang diproduksi pada malam hari, untuk memberitahu otak bahwa tubuh membutuhkan tidur. Melatonin efektif untuk membantu kamu tertidur di zona yang baru, dan mempercepat pemulihan jet lag. Selain obat-obatan yang mengandung melatonin, bagus juga kalau kamu mengonsumsi buah cherry sebelum terbang dan saat malam hari sebelum tidur selama berhari-hari di pesawat, karena cherry banyak mengandung melatonin.
  1. Tidur selama mungkin, berjemur, dan jangan tidur siang. Ketika terbang dari arah barat ke timur, gejala jet lag biasanya lebih berat. Kamu akan merasa lebih ngantuk dan lelah di tempat tujuanmu. Hal ini bisa dibantu dengan tidur selama mungkin pada malam sebelum sampai tujuan, dan berjaga pada siang hari. Jangan tidur siang, karena membuat jet lag lama pulihnya.
  1. Hindari stres. Penerbangan panjang kadang bikin frustasi. Belum lagi memikirkan ongkos perjalanan dan mau bagaimana di tempat tujuan. Tenangkan pikiranmu. Hal ini bisa diatasi dengan perencanaan perjalanan yang matang. Kamu bisa memilih biaya penerbangan yang relatih murah. Contohnya situs Tiket.com yang selalu menawarkan promo tiket pesawat agar perjalananmu bebas stres. Masalah ongkos perjalanan, emang Tiket.com jagoannya. Tiket.com punya 4 Jurus Jitu untuk traveller seperti kamu. Selain dapet Tiket Point setiap transaksi, Tiket.com juga bebas biaya transaksi (BeTe), ada asuransi travel protection, dan juga cicilan buat apa aja yang dijual di Tiket.com. Asli, bebas stres!

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)