3 Destinasi Wisata di Surabaya yang Unik dan Wajib Anda Kunjungi

Berbeda dengan kawasan lain di Jawa Timur seperti Malang, Probolinggo, atau Banyuwangi, Surabaya sangat minim wisata alam. Meski demikian, Kota Pahlawan ini memiliki segudang wisata sejarah dan budaya yang memikat. Tidak hanya itu, Surabaya juga dikenal sebagai gudangnya kuliner yang nikmat dan melegenda. Kalau Anda kebetulan sedang berada di Surabaya, coba datangi destinasi unik dan menarik di bawah ini.

1. Rumah Batik Surabaya

Rumah Batik Surabaya Rumah Batik Surabaya (photo credit: rumahbatikjawatimur.com)

Sebelumnya rumah batik atau museum batik hanya terdapat di Yogyakarta saja. Namun sejak tahun 2004, seorang pengusaha batik di Jawa Timur mencanangkan pembangunan rumah batik terbesar di Jawa Timur. Di rumah ini ada sekitar 2.000 motif batik dari kawasan Jawa Timur seperti Surabaya, Jember, Tulungagung, Malang, Pacitan, Pasuruan, Sampang, Pamekasan, Kediri, Sidoarjo, dan Sumenep.

Rumah batik yang terletak di Jalan Tambak Dukuh I no.4, Surabaya ini buka pada pukul 08.00-19.00 WIB. Pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia dan turis asing selalu memenuhi rumah batik yang memesona ini. Oh ya, di rumah batik ini pengunjung tidak hanya diajak melihat mahakarya asli Indonesia ini saja loh. Mereka juga diajarkan bagaimana caranya membuat kain batik langsung ahlinya.

2. Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo Hutan Mangrove Wonorejo (photo credit: wisatajatim.info)

Salah satu wujud kepedulian pemerintah Kota Surabaya dalam menjaga lingkungannya adalah dengan melakukan perawatan hutan mangrove. Hamparan pohon bakau yang mendiami 200 hektare lahan basah terus dijaga dari tahun ke tahun. Setiap hari, pekerja di sini menanam bakau dengan harapan bahwa pohon bakau tersebut dapat melindungi Kota Surabaya dari bahaya pengikisan tanah akibat abrasi air laut yang kian hari kian parah.

Di hutan mangrove yang terletak di kawasan Wonorejo, Rungkut, Surabaya ini, pengunjung dapat menyaksikan hamparan hutan yang tumbuh subur. Di dalam hutan ini terdapat sekitar 30 satwa liar yang dilindungi, terutama jenis burung laut. Untuk lebih memperkenalkan hutan mangrove pada masyarakat, pemerintah setempat membuat tempat ini menjadi kawasan wisata edukasi yang unik dan menarik.

3. Kelenteng Hong Tiek Hian

Kelenteng Hong Tiek Hian Kelenteng Hong Tiek Hian (photo credit: surabaya.panduanwisata.id)

Kelenteng Hong Tiek Han adalah tempat peribadatan tertua umat Konghucu yang ada di Surabaya. Terletak di Jalan Dukuh II, Surabaya, kelenteng ini selalu ramai dikunjungi saat hari besar perayaan Tiongkok. Warga peranakan Tionghoa akan datang untuk beribadat dengan menyalakan hio atau membakar uang-uangan kertas yang tempatnya telah disediakan.

Kelenteng ini dibuka untuk umum sehingga siapa saja bisa masuk. Bangunan kelenteng ini memiliki dominan warna merah dengan ornamen-ornamen khas Tiongkok yang indah. Patung-patung dewa dan juga naga semakin mempercantik isi dari kelenteng yang kerap disebut sebagai Kelenteng Dukuh ini.

Airy Rooms Airy Rooms

Inilah beberapa destinasi wisata yang unik dan menarik di Surabaya. Kalau Anda masih ingin menjelajahi Surabaya dengan lebih lengkap, carilah hotel murah di Surabaya untuk menginap. Kota ini menyediakan banyak hotel murah yang bisa Anda pesan di Airy Rooms.

Airy Rooms Airy Rooms

Airy Rooms adalah sebuah sebuah jaringan hotel yang memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. Melalui Airy Rooms, Anda bisa memilih hotel-hotel budget yang memiliki fasilitas lengkap seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, WiFi gratis, air minum gratis, dan shower air panas. Selain fasilitas, hotel dalam jaringan Airy Rooms juga mudah dipesan. Anda bisa booking hotel murah yang dikehendaki melalui aplikasi Android App, Apple App atau website www.airyrooms.com yang pembayarannya bisa dilakukan dengan transfer atau kartu kredit. Airy Rooms akan membuat Anda mudah mendapatkan hotel murah di saat kepepet sekalipun. (Adv.)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)