Airy Mendukung Tumbuhnya Akomodasi Lokal di Era Teknologi

Pertumbuhan pesat teknologi memberikan jalan kepada beragam inovasi dalam bisnis, memungkinkan adanya efisiensi layanan dan penurunan harga yang signifikan bagi pelanggan. Namun, tidak selamanya inovasi-inovasi ini berjalan beriringan dengan ekosistem bisnis yang telah dibentuk sebelumnya. Regulasi yang tidak bisa menyusul perkembangan teknologi juga dapat menjadi sumber permasalahan. Belum lama ini, kita menyaksikan konflik antara para penyedia transportasi online dengan pengemudi maupun perusahaan transportasi konvensional. Kini, muncul kembali sebuah konflik antara pengusaha hotel dan para agen penjual kamar dari luar negeri, yang dirasa menekan pasar dengan komisi tinggi sekaligus dibebaskan dari bermacam regulasi dan pajak.

Dengan kepercayaan bahwa inovasi dan ekosistem bisnis bisa tumbuh bersama secara harmonis, Airy hadir untuk mendukung perkembangan usaha akomodasi lokal yang sudah ada. Airy merupakan sebuah Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang mengembangkan jaringan akomodasi budget di seluruh Indonesia. Melalui jaringan ini, Airy memberikan jaminan kenyamanan dan keleluasaan harga bagi pelanggan sekaligus memberikan dukungan teknologi dan pengetahuan perhotelan yang komprehensif bagi para mitra akomodasi. Airy telah bekerjasama dengan lebih dari 1200 akomodasi lokal yang tersebar di lebih dari 70 kota di Indonesia dengan memberikan dukungan marketing, standarisasi, sistem pengelolaan properti dan kontrol kualitas.

Mitra-mitra akomodasi yang sudah bekerjasama dengan Airy memberikan banyak komentar positif tentang hasil kerja sama terhadap usaha akomodasi mereka. Salah satu mitra Airy, Bapak Yuliarto Dedi Prabowo dari Restu Bali Hotel mengatakan “Kami selaku properti mengapresiasi Airy sebagai sangat kompeten dan mampu memberikan kontribusi yang lebih. Kami yakin kerja sama ini akan berjalan dengan baik terus menerus. Semoga kedepannya Airy semakin banyak berinovasi untuk terus meningkatkan okupansi serta penjualan kami.”

Dua bulan terakhir ini, Airy dengan kampanye #BersamaAkomodasiLokal melakukan berbagai upaya, termasuk mengadakan lokakarya dan kerja sama dengan hotel-hotel independen, Kementerian Pariwisata, PHRI hingga Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kompetensi hotel-hotel lokal. Lokakarya dengan tema “Strategi Bisnis dalam Mengoptimalkan Okupansi dan Keuntungan Akomodasi di Era Digital“ berhasil mendatangkan lebih dari 50 perwakilan hotel di kota Medan dan lebih dari 100 perwakilan hotel di kota Yogyakarta, masing-masing pada tanggal 16 Oktober dan 14 November lalu. Selanjutnya, Airy juga telah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Majalengka untuk memberikan penyuluhan terkait pemasaran online dan kunjungan ke beberapa hotel di Majalengka untuk meninjau potensi akomodasi lokal di daerah tersebut.

Sesuai jarum jam dari kiri atas: Kegiatan lokakarya Airy di Yogyakarta, Medan dan Majalengka

Menurut Managing Director Airy, Danny Handoko, “Airy hadir untuk memberikan pengetahuan, baik kepada pelanggan maupun hotel. Pelanggan dapat lebih mengetahui tentang kualitas akomodasi lokal independen sehingga tidak segan untuk menginap, sedangkan mitra kami dapat terus berbenah dan berkembang dari segi pelayanan serta teknologi. Harapan besar dari kami adalah untuk industri akomodasi kita bisa maju.” Potensi akomodasi lokal sangat besar, melihat pertumbuhan pariwisata hingga sekitar 26% di lima bulan terakhir (menurut Kementerian Pariwisata pada Paparan 3 Tahun Sektor Pariwisata Pemerintahan Jokowi-JK) dan jumlah akomodasi lokal yang meningkat hingga 20% di lima tahun terakhir (Statistik BPS 2016). Komitmen utama Airy adalah untuk terus mendukung pertumbuhan akomodasi lokal yang mempunyai potensi besar ini, ditengah gempuran berbagai usaha penyedia kamar harian dan travel agent internasional.

Airy Rooms dalam kampanye #BersamaAkomodasiLokal akan terus bergerak ke kota-kota lainnya dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan usaha dan potensi industri akomodasi lokal. Apabila Anda mempunyai properti yang ingin Anda daftarkan untuk bekerjasama bersama Airy, Anda dapat mengunjungi link http://partners.airyrooms.com/daftar untuk mendaftar.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)