Alasan yang Membuat Lion Air Jadi Maskapai Terfavorit di Indonesia

Persaingan antar maskapai penerbangan di Indonesia memang terbilang ketat. Setiap maskapai seakan berlomba-lomba menyajikan pelayanan terbaik untuk memuaskan para penumpang. Salah satu maskapai penerbangan yang masih menjadi favorit masyarakat hingga saat ini adalah Lion Air.

Sejarah Singkat Maskapai Lion Air

Lion Air sudah beroperasi di tanah air sejak tahun 2000. Kini, Lion Air berkembang menjadi maskapai penerbangan domestik favorit masyarakat. Pada tahun 2018, maskapai penerbangan ini berhasil mengangkut 36,8 juta penumpang atau setara dengan 35% penumpang transportasi udara di Indonesia.

Keberhasilan Lion Air menjadi maskapai penerbangan dengan biaya ekonomis tak lepas dari berbagai strategi, antara lain tarif terjangkau untuk semua penumpang, jadwal penerbangan yang sesuai kebutuhan, serta jaringan rute vital yang sesuai kepentingan masyarakat Indonesia. Sejak tahun 2018, Lion Air melakukan ekspansi layanan ke sejumlah negara, antara lain Singapura, Malaysia, Arab Saudi, dan Tiongkok. Kini, Lion Air juga melakukan ekspansi ke bidang bisnis lainnya berupa layanan kargo dengan biaya ekonomis.

Keunggulan Lion Air yang Membuatnya Menjadi Favorit Masyarakat

Beberapa keunggulan Lion Air yang membuatnya masih menjadi maskapai penerbangan favorit masyarakat hingga saat ini, antara lain:

  • Harga Tiket yang Terjangkau

Salah satu alasan paling kuat yang membuat masyarakat senantiasa memilih Lion Air adalah harga tiket yang terjangkau. Misalnya, harga tiket pesawat tanggal 23 Oktober 2020 tujuan Jakarta-Medan menunjukkan perbandingan yang signifikan antara maskapai penerbangan Lion Air, Citilink, Batik Air, dan Garuda. Lion Air menyediakan tiket seharga Rp 509.000 per orang, Citilink seharga Rp 798.100 per orang, Batik Air seharga Rp 896.000 per orang, dan Garuda seharga Rp 1.645.000 per orang. Perbedaan harga yang cukup mencolok tersebut tentu membuat mayoritas masyarakat memprioritaskan Lion Air sebagai Low Cost Carrier (LCC) andalan. Pengelola Lion Air mengaku bahwa pemangkasan harga tiket dapat direalisasikan karena maskapai tersebut mengurangi biaya pelatihan dan menghapus layanan makan di pesawat.

  • Rute Penerbangannya Sangat Banyak

Alasan lainnya yang membuat Lion Air masih jadi favorit adalah rute penerbangan yang sangat banyak. Hingga tahun 2021, Lion Air terhubung dengan lebih dari 36 destinasi dalam negeri dengan operasional 226 penerbangan per hari. Bahkan, penerbangan Lion Air bisa menjangkau destinasi yang tidak terjangkau oleh maskapai lain, misalnya Bima, Tarakan, Tahuna, Ternate, Fak Fak, Kaimana, dan Tuai. Hal ini tentu mempermudah masyarakat yang harus mengunjungi kota-kota kecil di berbagai penjuru tanah air.

  • Jadwal Penerbangan Tepat Waktu

Dahulu, Lion Air kerap membuat calon penumpang kesal karena keterlambatan penerbangan (delay) yang cukup lama. Namun, kini Lion Air telah berbenah diri sehingga mayoritas jadwal penerbangannya berlangsung tepat waktu. Kelebihan yang satu ini jelas menjadi keunggulan tersendiri, terutama karena dipadukan dengan harga tiket yang terjangkau.

  • Menyediakan Fasilitas Pesawat Sambung

Keterlambatan penerbangan Lion Air biasanya diantisipasi dengan menyiapkan pesawat sambung. Tak jarang pula kualitas pesawat sambung lebih baik daripada pesawat reguler yang tiketnya sudah dibeli para penumpang. Jika Anda mengalami keterlambatan penerbangan bersama Lion Air, Anda tak akan dibebani biaya tambahan ketika mendapatkan fasilitas pesawat sambung sehingga Anda akan tetap hemat.

  • Rintisan Cabang di Luar Negeri

Komitmen Lion Air untuk berekspansi dibuktikan melalui rintisan cabang di beberapa negara tetangga. Saat ini, Lion Air bekerja sama dengan pebisnis lokal di luar negeri untuk maskapai Malindo Air (Malaysia) dan Thai Lion (Thailand). Rencananya, Lion Air juga akan membuka cabang di beberapa negara lainnya, yaitu Vietnam, India, dan Australia.

  • Protokol Keamanan yang Semakin Ketat

Harga tiket yang terjangkau tak membuat pengelola Lion Air mengabaikan faktor keselamatan perjalanan. Hal ini dibuktikan melalui Safety Management Systemyang ketat, IATA Operational Safety Audit, External Monitoring, Angkasa Pilot Training Organisation, dan Engine Maintenance. Di samping itu, Lion Air memastikan bahwa seluruh staf dan penumpang sedang dalam kondisi sehat untuk meminimalkan risiko selama penerbangan berlangsung, terutama pada masa pandemi Covid-19.

  • Memberikan Sarana Hiburan yang Menarik

Lion Air berinisiatif menghadirkan Wireless Inflight Entertainment (W-IFE) serta AirFi Indonesia yang dapat diakses melalui smartphone, laptop, dan tablet PC dengan berbagai sistem operasi (Android, iOS, Linux, BBM, dan lainnya). Fasilitas canggih ini akan menjadi sarana hiburan yang menarik bagi penumpang selama berada dalam masa penerbangan. Para penumpang Lion Air berkesempatan bermain games, menonton berbagai genre film, dan mendengarkan musik secara gratis tanpa biaya tambahan apapun. Kegiatan seru tersebut dapat menjadi pengisi waktu luang yang menyenangkan tanpa meningkatkan risiko penyebaran Covid-19 selama menempuh perjalanan via udara.

  • Sistem Reservasi yang Cepat dan Praktis

Proses reservasi tiket Lion Air bisa dilakukan secara praktis melalui website Lion Air. Anda bisa mengakses website tersebut dari laptop, smartphone, atau tablet PC kemudian memilih jadwal penerbangan sesuai kebutuhan. Ketika melakukan pemesanan tiket, Anda juga bisa mengatur pembelian bagasi dengan kapasitas yang Anda inginkan.

Sekarang, reservasi tiket Lion Air juga dapat dilakukan melalui website dan aplikasi Traveloka. Karena Traveloka siap membantu Anda mendapatkan harga tiket Lion Air terbaik sesuai jadwal yang Anda inginkan. Jangan lewatkan berbagai promo menarik yang akan membuat Anda semakin hemat ketika membeli tiket. Bila Anda mengandalkan website dan aplikasi Traveloka, proses pemesanan tiket pasti semakin praktis sebab bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Mari mengakses website dan Traveloka App supaya tidak ketinggalan promo tiket pesawat menarik dari Lion Air!

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)