Amartha Resmikan Penganugerahan Beasiswa Amartha Cendekia

Prosesi pemberian simbolis Beasiswa dan Pendampingan Amartha Cendekia Kepada Perwakilan Penerima Beasiswa (18/8) di Jakarta. (Kiri-kanan) Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha; Hera, Penerima Beasiswa Amartha Cendekia; Chalida Zia, Alumni LPDP; Putu Elvina, Komisioner KPAI.

Jakarta, 22 Agustus 2022 - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) microfinance marketplace yang berfokus pada pemberdayaan pengusaha ultra mikro lewat layanan keuangan inklusif, mengumumkan 30 siswi terpilih penerima Beasiswa Amartha Cendekia dari total 1.224 pendaftar. Beasiswa Amartha Cendekia adalah program tanggung jawab sosial dari Amartha

yang telah diluncurkan pada bulan April lalu dengan memberikan dana pendidikan senilai 147 juta rupiah, dana ini nantinya akan dialokasikan untuk pendidikan dan pendampingan persiapan kelulusan kepada siswa perempuan kelas XII SMA/SMK sederajat baik dari anak mitra Amartha maupun publik.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha mengatakan, “Program Beasiswa Amartha Cendekia dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan yang kami temukan soal ketimpangan akses pendidikan bagi anak perempuan. Kami menginginkan dunia di mana perempuan dan remaja di pedesaan memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pendidikan, mengeksplor potensi mereka, dan memiliki pilihan yang lebih baik untuk masa depan mereka. Amartha percaya bahwa akses pendidikan bagi anak perempuan di pedesaan adalah salah satu jalan untuk mencapai kesejahteraan dan pemerataan di Indonesia.”

Berdasarkan data BPS tahun 2021, angka partisipasi perguruan tinggi hanya mencapai 31,19%, artinya masih ada 68,81% lulusan SMA yang belum melanjutkan ke bangku kuliah.

Melalui Amartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera), Amartha bertujuan untuk membangun program intervensi berkelanjutan yang memungkinkan perempuan dan remaja di pedesaan Indonesia mendapatkan akses pendidikan berkualitas. Peserta juga berkesempatan memperoleh pendidikan keterampilan hidup untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, sehingga nantinya dapat berkontribusi untuk turut menyejahterakan keluarga.

Amartha menargetkan dalam kurun lima tahun kedepan, sebanyak 1,730 kuota Beasiswa Amartha Cendekia dapat didistribusikan dengan total dana mencapai lebih dari 8 miliar rupiah.

Adapun rangkaian proses seleksi Beasiswa Amartha Cendekia yang terdiri dari esai motivasi, nilai rapor dan sertifikat prestasi sebagai nilai tambah telah berlangsung sejak periode Maret - Juni 2022. Nantinya penerima beasiswa akan mendapatkan dana sebesar Rp3,000,000 per tahun dan tambahan sebesar Rp5,000,000 bagi peserta yang berhasil masuk kuliah di tahun 2023. Selain itu Amartha juga memberikan program pengembangan diri melalui development class dari Amartha Academy serta program Coaching & Mentoring dari ‘Kakak Asuh’ yang merupakan inisiasi program kerelawanan senior manajemen Amartha.

Putu Elvina, Komisioner KPAI menyampaikan dukungannya atas langkah Amartha untuk memfasilitasi setiap anak di Indonesia memperoleh hak pendidikan yang yang berkualitas. “Kami mengapresiasi langkah Amartha yang membuka akses pendidikan bagi anak Indonesia, khususnya anak perempuan di lapisan piramida terbawah. Mengingat, perempuan kerap mengalami kesulitan dalam mengakses pendidikan sehingga berisiko menciptakan siklus kemiskinan yang turun-temurun. Siklus ini yang harus kami putus bersama, namun kami membutuhkan peran dari berbagai pihak, untuk menciptakan kesempatan lebih baik bagi

anak-anak kelompok marjinal dalam mengenyam pendidikan. Beasiswa Amartha Cendekia, diharapkan dapat menjadi penggerak bagi pihak lainnya untuk bersama-sama membuka akses pendidikan bagi setiap anak Indonesia.”

Senada dengan hal tersebut, Chalida Zia, Alumni LPDP FKM UI dan University of Melbourne berpendapat bahwa perempuan harus memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi karena akan memberikan banyak manfaat dari segala aspek kehidupannya di masa mendatang. “Perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mengubah dirinya, keluarganya, dan masyarakatnya, untuk menjadi lebih baik melalui pendidikan. Saya berharap penerima Beasiswa Amartha Cendekia berani untuk bermimpi lebih tinggi, dan dapat membawa perubahan besar baik bagi keluarga maupun Indonesia.”

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)