Apa Itu Investasi Sekuritas?

Sekuritas didefinisikan sebagai instrumen keuangan yang memiliki nilai dan dapat diperdagangkan antar pihak. Sekuritas adalah istilah umum untuk saham, obligasi, reksa dana, dana yang diperdagangkan di bursa, atau jenis investasi lain yang dapat Anda beli atau jual.

Selain belajar tips investasi saham untuk pemula, ada baiknya Anda mengetahui tentang Sekuritas. Sekuritas ekuitas dan sekuritas utang merupakan dua jenis sekuritas paling umum yang mungkin Anda temui di perusahaan sekuritas terbaik Indonesia.

Sekuritas ekuitas umumnya mengacu pada saham, yaitu saham yang Anda beli di sebuah perusahaan secara tidak langsung Anda memiliki bagian dari perusahaan dan memiliki kepentingan dalam kinerja bisnisnya.

Berinvestasi dalam saham cukup berisiko karena bisa berubah-ubah berdasarkan banyak faktor seperti keadaan ekonomi, bagaimana bisnis itu sendiri berjalan, apa yang terjadi di dunia dan peristiwa lain yang tidak dapat Anda prediksi atau kendalikan.

Sedang sekuritas utang, umumnya mengacu pada obligasi, dan mereka terdengar seperti investasi dalam hutang. Ketika Anda membeli sekuritas hutang, pada dasarnya Anda meminjamkan uang kepada perusahaan atau entitas pemerintah.

Sebagai imbalannya, Anda mendapatkan pembayaran bunga tetap berkala (dari mana istilah "pendapatan tetap" berasal) dan Anda bisa mendapatkan kembali jumlah pinjaman penuh Anda jika Anda memutuskan untuk menahan obligasi sampai tanggal "jatuh tempo", yang lebih dikenal sebagai tanggal jatuh tempo. Sertifikat deposito dan sumber pendapatan tetap lainnya juga dapat dianggap sebagai sekuritas hutang.

Meskipun obligasi sebagian besar dipandang sebagai investasi yang lebih aman daripada saham, kenyataannya obligasi memiliki risiko  misalnya, kemungkinan penerbit obligasi gagal bayar, yang berarti mereka mungkin tidak dapat membayar Anda kembali.

Harga obligasi bergerak berlawanan arah dengan suku bunga, yang berarti bahwa ketika suku bunga naik, harga obligasi biasanya turun, dan sebaliknya.

Sementara investasi Sekuritas yakni ketika Bank sering membeli sekuritas yang dapat dipasarkan untuk disimpan dalam portofolionya. Ini biasanya merupakan salah satu dari dua sumber pendapatan utama, bersama dengan pinjaman.

Sekuritas investasi dapat ditemukan pada aset neraca banyak bank, dicatat pada nilai buku diamortisasi (didefinisikan sebagai biaya awal dikurangi amortisasi sampai tanggal sekarang).

Sekuritas investasi biasanya dilakukan melalui broker atau dealer pihak ketiga. Sekuritas investasi di bank tunduk pada pembatasan modal. Investasi ini memberi bank keuntungan likuiditas, selain keuntungan dari keuntungan modal yang direalisasikan saat dijual. Sekuritas investasi juga dapat membantu bank memenuhi persyaratan jaminan untuk simpanan pemerintah. Dalam hal ini, sekuritas investasi dapat dipandang sebagai jaminan.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)