Terus Dukung Industri Kreatif, Pilar Baru Kontribusi Sosial Astragraphia Jangkau 415 Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Industri kreatif mengalami masa sulit akibat pandemi Covid-19, padahal industri kreatif banyak digeluti oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berdasarkan data BPS, ada sekitar 82,80 persen pelaku UMKM yang pendapatannya turun saat pandemi. Astragraphia, sebagai perusahaan publik yang fokus pada ruang lingkup bisnis layanan printing dan digital, melanjutkan komitmen untuk dukung pertumbuhan industri kreatif dengan menempatkan “Kewirausahaan” sebagai pilar baru kontribusi sosial perusahaan di tahun 2020. Pilar kontribusi sosial “Kewirausahaan” diwujudkan melalui Program Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK) dengan tujuan menjadikan produk para pelaku usaha mikro dan kecil di industri kreatif berdaya saing, go-online, dan naik kelas.

Melinda Pudjo - Chief of Corporate Communications PT Astra Graphia Tbk dalam Acara Press Conference Virtual Kontribusi Sosial Astragraphia untuk Industri Kreatif

Melinda Pudjo – Chief of Corporate Communications Astragraphia mengatakan, “Di masa pandemi Covid-19, Astragraphia mengambil tindakan nyata untuk mendukung para pelaku usaha mikro dan kecil yang bergerak di industri kreatif, khususnya yang bergerak di subsektor fesyen, kuliner, dan kriya melalui program Kelas ASIK (Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif). Di tahun pertama program ini, Astragraphia telah menjangkau 415 pelaku usaha mikro dan kecil yang tersebar di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali yang memiliki omzet mulai dari 2 juta hingga 40 juta rupiah perbulannya.”

Semangat dan komitmen Astragraphia untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif di Indonesia telah dimulai dari beberapa tahun terakhir melalui sejumlah workshop dan roadshow mengenai kemasan kreatif dan desain grafis yang dilakukan dari kota ke kota dengan menggandeng berbagai pihak, baik dari lembaga pemerintahan, asosiasi profesi, yayasan, UMKM, hingga komunitas.

Melinda menambahkan, “Keterbatasan dalam melakukan aktivitas kontribusi sosial secara luring di masa pandemi tidak menghalangi Astragraphia untuk tetap dapat melaksanakan program kontribusi sosial untuk pelaku usaha mikro dan kecil. Secara cepat dan kreatif, melalui implementasi teknologi digital, Astragraphia menjalankan rangkaian program Kelas ASIK dalam bentuk pelatihan daring mengenai teknologi digital printing, aplikasi kreatif untuk kemasan/label produk, dan juga online promotion.

Produk-Produk Usaha Mikro dan Kecil Peserta Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif 2020

Selain itu program Kelas ASIK juga mempublikasikan profil bisnis pelaku usaha mikro dan kecil secara gratis melalui media komunikasi Astragraphia www.ofiskita.com, dan memfasilitasi mereka untuk mencetak berbagai materi promosi usahanya cukup dari rumah masing-masing melalui platform online printing www.printqoe.com.”

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)