Bank Danamon Optimalisasi Komputasi Awan Tingkatkan Produktivitas SDM

Disrupsi digital memantik perbankan melakukan transformasi digital agar produknya tetap relevan untuk nasabah. Langkah inovatif diterapkan perbankan di seluruh aspek operasional, antara lain digitalisasi manajemen SDM.

HERIYANTO AGUNG PUTRA, Direktur SDM Bank Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. melakukan transformasi digital manajemen SDM dengan mengimplementasikan sistem teknologi informasi berbasis komputasi awan (cloud) untuk menggantikan sistem manual. Beragam manfaat diperoleh bank ini, mulai dari mendorong peningkatan produktivitas, mendorong pertumbuhan kinerja, Business Process Improvement, tingkat keterikatan pegawai dan menciptakan manajemen SDM berstandar global.

Sejak 2018 Bank Danamon bergeser ke sistem komputasi awan yang untuk menunjang digitalisasi SDM. Sistem ini tentunya telah terintegrasi dengan berbagai sistem terkait pengelolaan human capital di Bank Danamon seperti sistem analisis, kompensasi, karier, pengembangan pegawai, pelatihan, platform kolaborasi, rekrutmen, core HR, sistem penilaian pencapaian target dan kinerja. Integrasi terhadap berbagai system ini berdampak besar terhadap berbagai proses bisnis di Bank Danamon

“Kami sudah menggunakan single platform and integrated HR system. Dimana system ini dapat terkoneksi dengan sistem-sistem lain di Bank Danamon,” kata Heriyanto Agung Putra, Direktur SDM Bank Danamon.

Heriyanto mengisahkan bahwa peran pengelolaan pegawai tidak hanya terbatas pada pengelolaan administrasi, tetapi sebuah proses pengembangan berkelanjutan yang selaras dengan rencana strategis Bank. Implementasi digitalisasi SDM adalah salah satu bentuk komitmen Bank Danamon untuk meningkatkan kualitas karyawan yang dapat bersaing di era global

“Nah, kemudian kami mengembangkan end to end HR system yang mencakup keseluruhan proses HR. Dimana system ini dapat mengintegrasikan sistem HR mulai dari rekrutmen sampai seluruh prosesnya lainnya selesai. Yang membuat system ini berbeda adalah kami menggunakan Cloud Implementation dari hulu sampai hilir yang terkoneksi dengan semua konten di dalam cloud based itu. Keuntungannya, kami tidak lagi memerlukan server,” tutur Heriyanto.

Beragam fitur dari sistem ini diandalkan oleh pegawai, misalnya fitur Learning yang menyajikan informasi mengenai jadwal pembelajaran, Modul, kurikulum pembelajaran, dll. “Kami juga memiliki pembelajaran yang diambil dari eksternal, seperti LinkedIn Learning, Smart Library, Intuition dll. Semua itu dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui system e-learning yang kami punya ini,” ujarnya.

Fitur unggulan lainnya adalah Social & Collaboration yang mirip dengan Facebook. Dimana melalui Fitur ini, para pekerja dapat berinteraksi, bersosialisasi serta berbagi informasi. Bank Danamon merancang fitur untuk membangun budaya belajar dan berbagi pengetahuan. 

Dalam rangka memenuhi aspirasi perusahaan, Tim HR Bank Danamon melakukan penyelarasan program program nya agar sejalan dengan strategic priorities dan aspirasi Perusahaan. Heriyanto menyebutkan, “Dari aspirasi tersebut, strategic priorities-nya adalah menyinergikan business dan customer expansion sebagai sebuah ekosistem, kemudian akan lebih fokus pada membangun karyawan, melakukan transformasi digital, mengembangkan infrastruktur teknologi informasi dan branding, serta mendorong kolaborasi dengan pemegang saham Bank Danamon, MUFG Bank. Hal ini membuat Divisi HR menjadi sebuah Unit Kerja yang memiliki dampak besar terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan”

Pemegang saham mayoritas Bank Danamon adalah MUFG Bank Ltd. Global Exposure dari MUFG menjadikan Danamon sebagai bank local yang memiliki kapabilitas global. Selain memiliki Jaringan operasional yang tersebar di 34 provinsi melalui lebih dari 846 cabang, bank Danamon juga memiliki koneksi di luar negeri melalui MUFG dan berbagai mitra usahanya.  

Hasil digitalisasi SDM di Bank Danamon sepanjang tahun 2020 hingga pertengahan tahun ini bermacam-macam. Di antaranya, tingkat keterikatan pegawai berdasarkan employee engagement survey mencapai skor 92%, atau lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya. Berikutnya, survei internal mencatat sebanyak 9 dari 10 karyawan menyatakan puas terhadap perubahan digitalisasi SDM.

Hasil lainnya, proses rekrutmen pegawai terpangkas 21%, employee value proposition (EVP) dan employer branding di ranah media sosial meningkat, rekrutmen virtual kian atraktif, pengawasan internal lebih kokoh seiring dengan diterapkannya sistem Know Your Employee, pengembangan Robotic Process Automation (RPA) untuk mengevaluasi kandidat pegawai dan karyawan, serta penghematan biaya operasional.

Berikutnya, lanjut Heriyanto, Bank Danamon memperhatikan pengembangan EVP yang memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berkiprah di kancah global dan menciptakan sistem yang menunjang karier pegawai. Selain itu Bank Danamon juga berkomitmen untuk terus menjaga kesehatan dan keselamatan pegawai di masa pandemi ini.

Bank Danamon pun rutin mengampanyekan rekrutmen di platform digital. Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan LinkedIn, merupakan media sosial yang dioptimalkan untuk meningkatkan citra merek dan employer branding. Citra mereknya kian meningkat, yang terindikasi dari pertumbuhan jumlah pengikut (follower) akun Bank Danamon di LinkedIn yang pada tahun 2021 bertambah lebih dari 50% jika dibandingkan dengan 2 tahun sebelumnya

Yang tak kalah penting dari transformasi digital SDM adalah dampaknya terhadap laju bisnis. “Kami melihat ada potensi bisnis lending yang bisa lebih dikembangkan. Solusinya, kami membuat Cross Function Team (CFT) yang menerapkan agile thinking dan mengembangkan berbagai stream untuk menjadi project team. Setiap tim dimandatkan mengembangkan lini bisnis baru, dan ditelaah hasilnya,” kata Heriyanto.

Bank Danamon pada kuartal I/2021 membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) senilai Rp 522 miliar. Pada ajang HR Excellence Award 2021, bank ini memperoleh rating AA di kategori Managing Transformation, Talent Acquisition, dan HR Digitization. (*)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)