Kapabilitas Digital Bank DBS Indonesia Raih Penghargaan

Di penghujung tahun 2022 ini, Bank DBS Indonesia memperoleh serangkaian penghargaan bergengsi baik dari tanah air maupun berskala internasional. Pengakuan ini diraih atas inovasi digital bank dalam layanan dan produk perbankan, performa bisnis, strategi komunikasi, hingga isu keberlanjutan lingkungan.

Dari sisi produk, inovasi produk digibank by DBS memenangkan tiga penghargaan sekaligus dalam Asian Banking and Finance Retail Banking Awards 2022, yaitu: Digital Business Banking Initiative of The YearCredit Card Initiative of The Year, dan Digital Consumer Banking Initiative of The Year. Penghargaan ini menyeleksi bank dan perusahaan terkemuka global dengan produk, layanan, dan strategi ritel inovatif yang memberikan dampak positif bagi klien dan industrinya.

Sebagai bank yang berbasis teknologi, semangat Bank DBS Indonesia untuk bukan hanya sebagai bank, tetapi menjadi lebih seperti innovator (More like an innovator, less like a bank) tercermin dalam agenda Bank DBS Indonesia yang fokus mengembangkan digitalisasi produk dan layanan perbankannya sejak tahun 2017. Untuk segmen ritel, kini aplikasi digibank by DBS telah menjadi layanan full-fledged sehingga memudahkan nasabah untuk bertransaksi. Hal ini memungkinkan nasabah untuk membuka rekening, kartu kredit digital, hingga Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan persetujuan 60 detik hanya dalam satu aplikasi. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi menggunakan fitur Bayar Beli, transfer Valas, hingga berinvestasi dan membeli produk asuransi.

Head of Group Marketing Strategic and Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika menyampaikan, “Sebuah kehormatan bagi Bank DBS Indonesia untuk memperoleh pengakuan di bidang teknologi yang memang telah menjadi fokus pengembangan kami di beberapa tahun terakhir ini. Bank DBS Indonesia menyadari bahwa digitalisasi adalah masa depan perbankan dan pencapaian ini tentunya bisa kami raih berkat kerja sama tim yang bersinergi dan memiliki tujuan yang sama. Ke depannya, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk terus berkarya dan berinovasi menghadirkan produk dan layanan sebagai solusi yang aman, nyaman, dan mudah bagi masyarakat, terkhusus bagi nasabah Bank DBS Indonesia.”

Untuk kebutuhan nasabah korporasi, produk dan layanan Bank DBS Indonesia didukung oleh sistem DBS IDEAL RAPID (Real-time API), yaitu solusi digital yang memaksimalkan kemampuan pemrograman, transfer data, dan otomatisasi data di sistem perbankannya.

Selain produk, customer experience juga menjadi aspek penting dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Maka dari itu, Bank DBS Indonesia secara serius memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan layanan perbankan yang menyenangkan dan menyediakan solusi atas permasalahan nasabah. Dalam ajang penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022, Bank DBS Indonesia memenangkan kategori Best of The Best Customer Experience Team atas solusi digitalisasi pelayanan nasabah berbasis sentuhan manusia (human touch) yang berhasil meningkatkan 84% tingkat penyelesaian masalah dan komplain nasabah.

Terkait lingkungan kerja, Bank DBS Indonesia percaya bahwa lingkungan yang positif berperan besar dalam mendorong performa kerja yang optimal. Digitalisasi sistem dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan membantu menjaga keseimbangan hidup karyawan. Berangkat dari pemikiran tersebut, Bank DBS Indonesia menerapkan 3W: Future of Work, Workforce, & Workspace yang memungkinkan karyawan bekerja di manapun dan kapanpun secara kolaboratif di lingkungan daring. Transformasi

lingkungan kerja ini membawa Bank DBS Indonesia memenangkan HR Excellence Award 2022 dengan kategori Excellent: Managing Transformation.

Transformasi digital merupakan bagian dari strategi Bank DBS Indonesia dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab dan berkeberlanjutan. Secara internal, Bank DBS Indonesia melakukan berbagai inisiatif untuk menerapkan praktik yang lebih ramah lingkungan, di antaranya menggunakan teknologi dan digitalisasi untuk produk dan layanan nasabah guna mengurangi limbah dan jejak karbon. Berbagai inisiatif keberlanjutan ini telah menghasilkan beberapa penghargaan, yakni dari CNBC Indonesia sebagai ‘Most Sustainable Bank’ dan Katadata sebagai perusahaan dengan ‘Green Initiative’ 2022.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)