BCA Raih 3 Penghargaan Bergengsi

SWA 100 Indonesia’s Best Wealth Creators 2011 Ki-ka: Kemal E Gani (Pemimpin Umum / Pemimpin Redaksi Majalah SWA), Henry Koenaifi (Direktur BCA) dan Martin Schwarz (Managing Director of South East Asia Stern Steward & Co) SWA 100 Indonesia’s Best Wealth Creators 2011 Ki-ka: Kemal E Gani (Pemimpin Umum / Pemimpin Redaksi Majalah SWA), Henry Koenaifi (Direktur BCA) dan Martin Schwarz (Managing Director of South East Asia Stern Steward & Co)

Bagi PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) bulan Juni 2011 penuh berkah. Bagaimana tidak, dalam sebulan saja bank terkemuka itu meraih tiga penghargaan bergengsi dari institusi yang berbeda. Pertama, SWA 100 Indonesia’s Best Wealth Creators 2011 dari majalah SWA dan konsultan Stern Stewart & Co. Kedua, Banking Efficiency Awards 2011 dari Bisnis Indonesia. Ketiga, Banking Service Excellence Award 2011 dari majalah Infobank dan lembaga Marketing Research Indonesia.

Penghargaan SWA 100 tahun 2011 diberikan kepada 48 perusahaan publik yang memiliki Wealth Added Index (WAI) positif selama tahun buku 2010. Dengan WAI positif, maka return yang dihasilkan emiten tersebut melebihi cost of equity.

BCA menduduki peringkat ke-4 dari 100  perusahaan dengan nilai WAI BCA adalah  Rp42,97 triliun, nilai kapitalisasi pasar  Rp157,79 triliun, pertumbuhan kapitalisasi  pasar 276,6%, aset Rp324,42 triliun, omset Rp28,02 triliun, serta laba bersih Rp8,48 triliun.

Tidak hanya apresiasi dari SWA 100 saja yang disabet BCA, tapi juga Banking Efficiency Award (BEA) 2011. BCA berhasil meraih penghargaan untuk kategori Bank Umum Swasta Nasional. Penyerahan penghargaan yang digelar 22 Juni lalu di Nikko Hotel, Jakarta diterima oleh Suwignyo Budiman, Direktur BCA. Selain penyerahan award, acara ini juga dibarengi peluncuran buku Indonesia Banking Watch 2011-2012.

Banking Efficiency Awards 2011 Sahid S. Gitosardjono (Pemimpin Umum Harian Bisnis Indonesia)-kiri dan Suwignyo Budiman (Direktur BCA)-kanan Banking Efficiency Awards 2011 Sahid S. Gitosardjono (Pemimpin Umum Harian Bisnis Indonesia)-kiri dan Suwignyo Budiman (Direktur BCA)-kanan

BEA 2011 adalah penghargaan tahunan yang diberikan sebagai apresiasi kepada bank-bank yang dinilai efisien dalam menjalankan usahanya yaitu menghasilkan output optimal atau meminimalkan penggunaan sumber dayanya untuk menghasilkan output tertentu. Teknik yang lazim digunakan dalam menentukan apakah suatu bank tersebut efisien atau tidak dengan menggunakan kombinasi teknik BOPO. Sedangkan perhitungan BEA 2011 menggunakan pendekatan Cost Frontier Analysis.

Bank yang diikutsertakan sebagai nominator penerima award BEA 2011 ini adalah bank-bank yang memiliki kinerja positif. Kriterianya antara lain dilihat dari posisi rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) minimum 12%, rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) kurang dari 5%, rasio kredit terhadap dana di atas 50% dan biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) dikecualikan.

Diraihnya penghargaan ini merupakan salah satu bukti keberhasilan BCA dalam memupuk dan memelihara kepercayaan nasabah. “Terpilihnya BCA sebagai bank efisien adalah berkat dukungan dari nasabah setia BCA. Terima kasih atas dukungan nasabah sehingga BCA dapat menjadi bank transaksional terkemuka dan terpercaya di Indonesia,” jelas Suwignyo. Dengan keberhasilan ini, diharapkan BCA dapat meningkatkan kinerja dan terus berprestasi.

Banking Service Excellence Award 2011 Ki-ka: Sugito Lie (General Manager BCA) dan Benny Handhoni (Direktur Marketing & SDM Infobank) Banking Service Excellence Award 2011 Ki-ka: Sugito Lie (General Manager BCA) dan Benny Handhoni (Direktur Marketing & SDM Infobank)

Selain itu, BCA juga mendapatkan predikat terbaik untuk kualitas layanan perbankan dan layanan internet banking dalam ajang Banking Service Excellence Award 2011. Penghargaan ini diterima langsung oleh Erwan Yuris, mewakili Direksi BCA dan Sugito Lie, General Manager BCA. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi bagi industri perbankan, khususnya dalam hal pemberian kualitas pelayanan yang prima bagi nasabahnya.

Menyadari kebutuhan nasabah yang semakin beragam, BCA senantiasa mengembangkan berbagai produk dan layanan yang sesuai dengan karakteristik nasabah. Salah satu pengembangan layanan yang dilaku-kan adalah layanan internet banking. BCA senantiasa melakukan inovasi layanan dan pengembangan fitur-fitur yang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan, kenyamanan, dan fleksibilitas bagi nasabah. Bentuk layanan yang disediakan juga disesuaikan dengan segmen dan kebutuhan nasabah, seperti KlikBCA Individu bagi nasabah perorangan dan KlikBCA Bisnis bagi nasabah bisnis. *

 

Berita BCA (swa.co.id/beritabca)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)