BCA SYARIAH DUKUNG PENINGKATAN LITERASI PERBANKAN SYARIAH

Wujudkan komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan syariah, PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) menyelenggarakan rangkaian kegiatan edukasi dengan melibatkan berbagai golongan masyarakat. Sebanyak 1.190 peserta tercatat mengikuti rangkaian kegiatan edukasi dan literasi perbankan syariah yang dilakukan selama Oktober 2021.

Online Workshop – BCA Syariah melakukan pelatihan Pembukuan Masjid/Musholla Berbasis Aplikasi yang dilakukan secara daring. Peserta terdiri dari Dewan Kemakmuran Masjid di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, dan Bandar Lampung (12/10/2021).

Kegiatan edukasi keuangan BCA Syariah dilakukan dengan berbagai metode, antara lain dalam bentuk pelatihan/workshop daring, webinar dan sosialisasi tatap muka. Ragam topik edukasi dihadirkan, mulai dari pengetahuan dasar tentang keuangan pribadi, pengetahuan perbankan syariah hingga pengelolaan manajemen keuangan bagi UMKM dan Masjid/Musholla.

Untuk pengetahuan dasar tentang keuangan pribadi, BCA Syariah mengangkat topik sosialisasi produk perbankan syariah dengan melibatkan peserta pelajar SMK dan karyawan-karyawan di beberapa perusahaan. Sementara manajemen keuangan masjid dengan topik “Pembukuan Masjid/Musholla berbasis Aplikasi” melibatkan peserta Dewan Kemakmuran Masjid di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, dan Bandar Lampung. BCA Syariah turut berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) untuk sosialisasi pengelolaan keuangan syariah bagi UMKM di kegiatan ISEF 2021.

Edukasi Keuangan untuk Pelajar - Pelajar SMK mengikuti kegiatan weminar pengelolaan keuangan berjudul “Gapai Mimpi Dengan Rencanakan Keuangan Sejak Dini”. Edukasi keuangan bagi pelajar dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang penglolaan keuangan sejak dini untuk kebutuhan masa depan (29/10/2021).

Kegiatan edukasi dan literasi keuangan syariah merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan melalui Pilar Peduli Prestasi dan Peduli Sejahtera, serta bentuk komitmen BCA Syariah untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi perbankan syariah Indonesia.

Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum mengatakan, “Peningkatan literasi dan inklusi perbankan syariah adalah tugas kita bersama sebagai pelaku jasa keuangan. Dengan kegiatan-kegiatan edukasi seperti ini, kami berharap agar peserta dapat lebih memahami pentingnya pengelolaan keuangan, menumbuhkan sikap dan perilaku keuangan yang bijak, serta mengenal lebih jauh tentang perbankan syariah yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.”

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat indeks literasi keuangan syariah tahun 2019 di posisi 8,9% di bawah literasi keuangan konvensional sebesar 37,7%. Demikian juga inklusi keuangan syariah, yakni 9,1% masih tertinggal dibandingkan inklusi keuangan konvensional yang mencapai 75,3%. “Edukasi yang menyeluruh dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bahwa layanan perbankan syariah memiliki solusi yang lengkap dan andal utuk memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat di Indonesia”, Yuli menambahkan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)