Demi Cantik Indonesia: Perjalanan Bisnis dr. Deliana

Bisnis kecantikan terus menjamur di tanah air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Tak bisa dipungkiri, cita-cita memiliki penampilan yang menawan dan kulit yang sehat kadang butuh usaha yang tidak sedikit.

Dari sekian banyak klinik di Indonesia, klinik kecantikan milik dr. Deliana adalah salah satu yang mampu bertahan hingga kini. Dua belas tahun berkiprah di bisnis kecantikan, siapa sangka permulaan bisnisnya tak selalu mulus.

Nathalie Beauty Centre milik dr. Deliana berlokasi di jalan Jenderal Sudirman, Thehok, Jambi. Sejak 2005, klinik ini membantu menjaga kecantikan para pelanggannya yang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan perawatan sendiri.

dr. Deliana sendiri memulai perjalanannya di bidang kecantikan saat berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Jakarta. Saat itu, ia merasakan sendiri masalah pada penampilannya karena wajahnya berjerawat.

a sadar menutupi masalah kulitnya dengan kosmetik hanya akan membuatnya semakin parah. Karenanya, ia pun berinisiatif meracik sendiri krim untuk mengobati jerawatnya. Tak disangka, ternyata krim racikannya itu menjadi populer di kalangan teman-temannya.

“Akhirnya, saya pulang ke Jambi dan membuka klinik kecantikan,” tutur Deliana.

Perjalanan itu ia lanjutkan dengan kembali mempelajari ilmu kecantikan di Singapura. Namun, kliniknya pun tidak langsung sukses. Pada awal beroperasi, kliniknya hanya menangani rata-rata dua pasien setiap harinya. Sebagai cara promosi, ia hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth). Untuk menarik pelanggan, ia pun mempelajari karakter dari para konsumennya.

“Pasien di Jambi umumnya sering melakukan perjalanan ke luar negeri, sehingga mereka akan bertanya mesin apa yang kami gunakan untuk perawatan kemudian akan membandingkan dengan di Singapura. Apabila sama, maka akan kembali ke sini lagi,” kisahnya.

Kualitas kliniknya pun terus ditingkatkan demi memuaskan konsumennya. Mulai dari pemilihan krim wajah hingga mesin-mesin yang digunakan untuk perawatan, semuanya menggunakan standar yang tinggi. Sehingga para pasien bisa melihat bahwa kualitasnya dan pelayanannya tidak kalah dengan klinik kecantikan di luar negeri.

Meskipun demikian, ia tak lantas berhenti meningkatkan kualitas klinik kecantikannya. Lanjutan dari kisah perjalanan bisnis dr. Deliana ini akan dilanjurkan di bagian selanjutnya.

Sumber : beyond-banking.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)