Gagal Saat Wawancara Kerja? Mungkin Ini Penyebabnya

Persaingan di dunia kerja secara tidak langsung meningkatkan standard kualifikasi dalam sebuah perkerjaan. Setiap kali kesempatan kerja dibuka, hanya kandidat terbaiklah yang bisa mengisi posisi itu. Karenanya, persiapkan kondisi fisik dan mental yang prima ketika panggilan wawancara kerja datang.

Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang menentukan dalam sebuah proses rekrutmen. Dalam wawancara, perekrut menilai karakter dan kemampuan kandidat untuk mengisi sebuah jabatan. Sementara bagi pelamar, tahapan ini merupakan kesempatan untuk menggali kecocokan dengan perusahaan itu. Jika dalam dua minggu perusahaan tak kunjung memberikan jawaban, maka ucapkan selamat tinggal dan cari kesempatan lain.

Meskipun berbagai persiapan telah dilakukan, seringkali kandidat gagal dalam wawancara. Menurut Ariel Schur, seorang CEO dan pendiri lembaga perekrut ABS Staffing Solutions, ada tiga alasan penyebab kegagalan seseorang dalam wawancara kerja.

Alasan pertama adalah karena kandidat hanya bicara tentang isi resume kerja. Perekrut dapat membaca sendiri asal sekolah dan pengalaman kerja yang dimiliki kandidat dari dokumen yang ada. Proses wawancara adalah kesempatan untuk menyingkap karakter dan kepribadian kandidat. Karenanya, lebih baik tunjukkan sikap dan diskusikan rencana karier ke depan dalam wawancara.

Faktor lainnya adalah ketika kandidat gagal memahami suasana saat wawancara. Seringkali kandidat menjawab pertanyaan perekrut dengan berputar-putar. Sebaiknya langsung sampaikan initi pembicaraan agar tak membuang waktu kedua belah pihak. Selain itu, membaca bahasa tubuh perekrut juga penting. Jika mereka sudah mulai bosan, segera ganti strategi agar suasana kembali cair.

Satu hal yang terlihat sepele namun penting adalah resume dan daftar riwayat hidup. Bukan hanya soal informasi yang dimuat di dalamnya, tampilan dan penulisannya pun perlu diperhatikan. Kesalahan penulisan, ejaan, bahkan huruf besar dan kecil ternyata mempengaruhi penilaian terhadap kandidat. Pertimbangannya, jika hal kecil dalam resume bisa terlewatkan, bukan tidak mungkin demikian pula dalam pekerjaan.

Wawancara kerja merupakan pintu gerbang menuju karir masa depan. Karenanya, selalu persiapkan diri dengan baik dan selalu biasakan untuk teliti dalam bekerja.

Sumber : Beyond-banking.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)